Wujud Perusahaan Inklusi, Alfamart Telah Rangkul 1.265 Disabilitas Menjadi Karyawan

Wujud Perusahaan Inklusi, Alfamart Telah Rangkul 1.265 Disabilitas Menjadi Karyawan

DailyKabar.com – Hari Disabilitas Internasional yang dimaksud diperingati setiap tanggal 3 Desember, Alfamart merefleksikan diri sebagai perusahaan yang tersebut menerapkan inklusifitas. Termasuk dengan memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas untuk sanggup berkarya bersama Alfamart.

Melalui program Alfabilty, Alfamart dan juga anak perusahaannya menempatkan penyandang disabilitas sesuai dengan kompetensi bidang pekerjaannya dengan fokus pada kemampuan (ability) mereka.

“Alfability menerapkan nilai-nilai inklusi dalam perusahaan. Mengakomodir kemudian menghargai kesetaraan lalu keberagaman karyawannya. Sehongga bisa saja berkontribusi maksimal kemudian tanpa diskriminasi, agar bisa saja mencapai pengalaman positif dalam pekerjaannya,” terang Human Capital Director Alfamart, Tri Wasono Sunu.

Ia melanjutkan, Alfamart yakin penyandang disabilitas punya prospek yang tersebut sejenis dengan lainnya, sehingga bukan ada keraguan bagi Alfamart untuk merangkul mereka. Selain juga menjadi komitmen dan juga implemetasi perusahaan terhadap UU no 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas.

“Yang kami lihat adalah kemampuannya, bukan hambatannya. Semua kami perlakukan sebanding dalam hal hak kemudian kewajiban sebagai karyawan. Seperti fasilitas, pengembangan skill hingga jenjang karir,” lanjutnya.

Sampai 2023, total sebanyak 1.265 penyandang disabilitas sudah menjadi bagian dari Alfamart serta anak perusahaannya. Dengan rincian 18 tuna grahita serta tuna laras, 68 tuna netra, 647 tuna daksa, kemudian 532 tuna ruwi telah dilakukan bergabung. Mereka ditempatkan sesuai kemampuannya mulai dari dalam kantor, toko, juga gudang.

Alfamart Telah Rangkul 1.265 Disabilitas Menjadi Karyawan. (Dok: Alfamart)
Alfamart Telah Rangkul 1.265 Disabilitas Menjadi Karyawan. (Dok: Alfamart)

Di tempat berbeda, komitmen Alfamart untuk membantu penyandang disabilitas ditunjukkan juga kepada mitra binaan UMKM disabilitasnya.

Alfamart memberikan bantuan tambahan modal untuk para store owner Alfamind penyandang disabilitas pada Kota Bandung secara simbolis pada Minggu (3/12/2023).

“Keterbatasan saya mobilitas, dengan jualan lewat Alfamind, saya manfaatkan fiturnya. Seperti tidak ada perlu kemas barang, kirim barang ke kurir atau waktu khusus,” terang Asep Mugianara (49).

Ia juga menambahkan kalau fisik boleh kalah tapi mental penyandang disabilitas harus menang. Selain itu pada lima kota lain, Alfamart juga memberikan bantuan sosial kepada penyandang disabilitas di area Hari Disabilitas 3 Desember ini.

(Sumber: Suara.com)