Tekno  

WhatsApp Rilis Fitur Kode Rahasia, Chat Jadi Makin Aman

WhatsApp Rilis Fitur Kode Rahasia, Chat Jadi Makin Aman

DailyKabar.com – WhatsApp resmi memperkenalkan fitur baru yang tersebut disebut ‘Secret Lock’ atau ‘Kode Rahasia’. Sesuai namanya, fitur ini menambah opsi keamanan untuk melindungi chat WA.

Kode Rahasia ini tersedia di dalam fitur yang disebut ‘Chat Lock’ atau ‘Kunci Chat’. Fitur yang dibuat untuk membantu pengguna menyembunyikan pesan sensitif mereka dalam WA.

Jika sebelumnya fitur Chat Lock itu hanya saja dibuka lewat opsi Face ID (sensor muka) atau fingerprint (sensor sidik jari), saat ini pengguna sanggup menambahkan fungsional lain dengan Kode Rahasia.

“Kami hari ini akan meluncurkan fungsi kode rahasia sebagai langkah tambahan perlindungan, sehingga chat lebih besar sulit ditemukan oleh orang yang mana miliki akses ke ponsel Anda atau saat Anda berbagi ponsel dengan orang lain,” kata WhatsApp dalam situs resminya, dikutip Minggu (3/12/2023).

Dengan kode rahasia, pengguna dapat mengatur kata sandi (password) unik sesuai keinginan mereka demi memberikan lapisan privasi ekstra pada chat yang terkunci.

Pengguna akan miliki opsi untuk menyembunyikan folder Chat Terkunci dari daftar chat, sehingga cuma dapat ditemukan dengan mengetikkan kode rahasia Anda di tempat bilah pencarian.

“Jika belum sesuai dengan kebutuhan, Anda masih dapat memilih untuk menampilkannya dalam daftar chat. Setiap kali ada chat baru yang digunakan ingin dikunci, sekarang Anda dapat menekan lama untuk menguncinya, alih-alih membuka pengaturan chat,” lanjut WhatsApp.

Sayang fitur ini belum sanggup dicoba dalam Indonesia. Berdasarkan pantauan Suara.com pada Minggu (3/12/2023), fitur Kode Rahasia WhatsApp ini belum tersedia dalam versi iPhone maupun Android.

Kendati begitu WhatsApp melakukan konfirmasi fitur ini dirilis ke global dalam beberapa bulan mendatang.

“Kami bersemangat untuk terus menghadirkan lebih banyak banyak fungsi pada Kunci Chat guna membantu orang-orang melindungi privasi mereka, serta kami sangat menantikan masukan dari Anda,” jelas perusahaan.

Cara kunci chat WhatsApp pada Android atau iPhone:

  1. Buka WhatsApp
  2. Pilih chat yang tersebut mau disembunyikan
  3. Ketuk nama kontak di dalam bagian atas chat
  4. Scroll ke bawah lalu nyalakan opsi ‘Kunci Chat’
  5. Pindai sidik jari atau Face ID untuk mengamankan chat tersebut

(Sumber: Suara.com)