Ternyata Ini Pekerjaan Haji Isam sebelum Jadi Crazy Rich Kalimantan, Gak Lahir Langsung Kaya!

Ternyata Ini Pekerjaan Haji Isam sebelum Jadi Crazy Rich Kalimantan, Gak Lahir Langsung Kaya!

DailyKabar.com – Haji Isam dikenal sebagai crazy rich Kalimantan Selatan yang digunakan sukses membangun kegiatan bisnis dalam berbagai bidang. Tapi sebelum sukses, sebenarnya apa sih pekerjaan Haji Isam?

Rupanya bukan perkara mudah untuk Haji Isam sanggup menjadi pengusaha sukses seperti sekarang. Pemilik nama Samsudin Andi Arsyad itu benar-benar berjuang dari nol untuk meraih kesuksesannya.

Haji Isam diketahui memulai kariernya di tempat tanah rantau. Haji Isam muda mencoba peruntungan dengan bekerja di dalam perkayuan sebagai tukang tebang, sopir truk pengangkut kayu, hingga buruh muat.

Haji Isam dulunya berasal dari Bone, Sulawesi Selatan. Di tanah rantau, pria kelahiran 1977 itu kemudian bertemu dengan penambang batu bara lokal bernama Johan Maulana.

Haji Isam lalu keluarga. (Instagram/nursamjhonlin)
Haji Isam serta keluarga. (Instagram/nursamjhonlin)

Di tahun 2001, Haji Isam mulai mengikuti Johan Maulana menggeluti dunia pertambangan. Dia belajar dari Johan cara mengelola pertambangan yang sekarang membuatnya kaya raya.

Tak butuh waktu lama untuk Haji Isam berani membuka perusahaan batu baranya sendiri. Dengan bantuan modal dari Johan Maulana, Haji Isam membuka bidang usaha sendiri pada tahun 2003.

Sejak saat itu, Haji Isam mulai berhenti bekerja untuk orang lain lalu fokus membesarkan usaha miliknya. Dia pun berhasil meluaskan perniagaan batu baranya melalui PT Jhonlin Baratama.

Omzet bisnis batu bara Haji Isam dikabarnya menyentuh hitungan Rp40 miliar per bulan pada Oktober 2023. Di mana setiap bulannya, PT Jhonlin Baratama menambang sekitar 400 ribu ton batu bara.

Liana Jhonlin kemudian Jhony Saputra, anak Haji Isam. (Instagram/lianajhonlin12)
Liana Jhonlin serta Jhony Saputra, anak Haji Isam. (Instagram/lianajhonlin12)

Sekarang Haji Isam tak belaka menekuni kegiatan bisnis batu bara. Dia meluaskan sayap bisnisnya ke berbagai bidang, termasuk perkapalan hingga penerbangan.

Bisnis penerbangan Haji Isam diatur oleh Jhonlin Air Transport yang dimaksud miliki dua helikopter kemudian Fokker. Sementara pada bidang perkapalan, Jhonlin Marine diketahui memiliki belasan kapal tongkang pengangkut batu bara.

Haji Isam juga menekui industri pengolahan karet remah dan juga minyak sawit mentah melalui PT Jhonlin Agro Mandiri. Dia juga membuka usaha persewaan jet pribadi.

(Sumber: Suara.com)