Singgah di dalam Bumi Andan Jejama, Siti Atikoh Belajar Menenun hingga Borong Hasil Kerajinan

Singgah di area di Bumi Andan Jejama, Siti Atikoh Belajar Menenun hingga Borong Hasil Kerajinan

Dailykabar.com – JAKARTA – Istri calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti mengunjungi Kota Pesawaran, Lampung. Siti Atikoh menemui puluhan ibu-ibu warga Negeri Katon yang tersebut masyhur lantaran kemahirannya merangkai benang menjadi kain tapis khas Lampung di tempat Galeri Tapis Jejama Kham, Daerah Pesawaran.

Suasana di dalam Galeri Tapis Jejama Kham segera meriah tatkala Siti Atikoh tanpa canggung duduk sama-sama para perajin tapis. Tak belaka berbincang, Siti Atikoh juga belajar menenun kain tapis. Siti Atikoh didampingi tokoh perempuan di dalam Negeri Katon, Redawati yang dimaksud menghidupkan dan juga meminta juga membina perempuan lain di dalam wilayahnya menjadi perajin kain tapis.

“Saya belajar ya ibu-ibu. Nggak seluwes ibu-ibu di dalam sini, tapi minimal mampu lah,” ucap Siti Atikoh pada waktu dipuji para perajin berhadapan dengan kebolehannya menenun, Selasa (9/1/24).

Siti Atikoh yang pernah menjadi wartawan itu lantas mewawancarai para perajin yang mana duduk mengelilinginya. Siti Atikoh bertanya tentang perkembangan serta bagaimana minat publik terhadap kain tradisional tersebut.

“Karena yang tenun ini tebal Ibu, jadi disukai oleh wisatawan asing. Bisa digunakan untuk menghangatkan ketika musim dingin,” ujar salah satu perajin terhadap Siti Atikoh.

Istri dari Ganjar Pranowo ini kemudian berkeliling juga memborong banyak hasil kerajinan pada galeri tersebut. Sambutan hangat dari rakyat menjadi kenangan tersendiri bagi Siti Atikoh.

“Saya sudah ada ketiga kalinya ke di lokasi ini dan juga setiap saat disambut dengan hangat. Terima kasih pada warga Pesawaran yang digunakan terus-menerus memberikan senyuman ramah kemudian menerima kami seperti keluarga,” ucap Siti Atikoh.

Sarjana Teknologi Pertanian UGM itu mengatakan, komitmen pasangan Ganjar-Mahfud untuk menyokong UMKM tak perlu diragukan. Sebab, kegiatan yang dimaksud menguntungkan pelaku bidang usaha kecil diterapkan juga berjalan dalam Jawa Tengah.

“Akan banyak kegiatan (berkaitan) pemberdayaan perempuan. Kita harus bergandengan tangan, gotong royong. Karena kekuatan perempuan akan menentukan kekuatan bangsa dan juga negara,” ucapnya.

(Sumber:SindoNews)