Sepanjang Sejarah, Indonesia Jadi Negara Pemberi Bantuan Kepedulian Manusia Terbesar ke Palestina

Sepanjang Sejarah, Indonesia Jadi Negara Pemberi Bantuan Kepedulian Manusia Terbesar ke Palestina

Dailykabar.com – JAKARTA – Indonesia sebagai negara mayoritas penduduk muslim berhasil membuktikan kesungguhanya pada membantu rakyat Palestina . Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara pemberi bantuan kemanusiaan terbesar sepanjang sejarah.

Hal ini disampaikan Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Noor Achmad di kegiatan Laporan Bantuan Humanitarian Membasuh Luka Palestina dengan Pimpinan Baznas dan juga para Mitra Donatur, di dalam Asrama Haji Pondok Gede, DKI Jakarta Timur, Rabu (10/1/2024).

Diketahui acara itu, Baznas turut melaporkan total dukungan warga Indonesia untuk Palestina per 31 Desember 2023 mencapai Rp187,907,229,611 atau Rp187 miliar. Di mana terdiri dari Rp93,29 miliar dari pengumpulan Baznas lalu sisanya Rp94,61 miliar.

“Kita target Rp250 miliar untuk bantuan kemanusiaan, rehabilitasi dan juga rekonstruksi. (Antusiasmenya) luar biasa dibandingkan dengan negara yang dimaksud lain, Indonesia termasuk yang mana terbesar, sekarang telah masuk real Rp187 miliar tapi hitungan kasar Rp210 miliar serta itu terbesar pada sejarah bantuan kemanusiaan untuk saudara kita pada Palestina,” kata Noor.

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan Indonesia sangat ditunggu oleh rakyat Palestina. Terlebih guna meringankan beban yang digunakan menimpa puluhan ribu orang di dalam Gaza, Palestina.

“Kekuatan rakyat Indonesia untuk membantu Palestina itu tiada main-main sehingga dengan demikian punya dua faedah besar. Pertama membangkitkan semangat hidup untuk publik Palestina, kita tidak ada membantu peperangan tapi kita membantu kemanusiaan,” ucapnya.

“Kedua, akan memperlihatkan untuk dunia bahwa Indonesia jumlahnya mayoritas muslim adalah teman dekat dari bangsa Palestina,” sambungnya.

Sementara itu, Dubes RI untuk Mesir, Luthfi Rauf menyampaikan, pengelolaan dijalankan secara terorganisir sangat penting agar bantuan dari Indonesia baik dari sumber pemerintahan maupun masyarakat dapat tersalurkan sesuai keinginan Palestina.

Dia pun berharap bantuan kemanusiaan dari rakyat Indonesia dapat terus meningkatkan demi turut menurunkan beban rakyat Palestina.

“Model yang tersebut disalurkan Baznas dapat dijadikan contoh untuk penyaluran bantuan-bantuan selanjutnya. Kami melawan nama Kedubes RI mengucapkan terima kasih melawan kerja samanya yang dimaksud sudah pernah diberikan selama ini sehingga bantuan yang disampaikan dapat tepat sasaran,” tutupnya.

(Sumber:SindoNews)