Seberapa Penting Sri Mulyani pada Kabinet Jokowi? Kabar Mundur hingga Rangkap 30 Jabatan

Seberapa Penting Sri Mulyani pada Kabinet Jokowi? Kabar Mundur hingga Rangkap 30 Jabatan

Dailykabar.com – Meski belum ada pernyataan resmi, isu Sri Mulyani mundur dari Kabinet Indonesia Maju milik Jokowi masih santer dibicarakan. Hal ini menciptakan sejumlah orang yang mana menyayangkan kabar tersebut. Lantas seberapa penting Sri Mulyani di area kabinet Jokowi selama ini.

Sebelumnya perlu Anda tahu bahwa Sri Mulyani telah menjabat menjadi menteri keuangan di tempat dua kabinet pimpinan Jokowi, maka tak heran apabila kabar undur diri ini cukup mengejutkan.

Seberapa penting Sri Mulyani di area kabinet Jokowi?

Meski memiliki titel sebagai Menteri Keuangan, ternyata Sri Mulyani juga menjabat pada berbagai sikap lainnya. Pada sebuah wawancara di tempat bulan Maret 2023 lalu, wanita lulusan Universitas Indonesia ini mengaku miliki tiga puluh jabatan sekaligus.

“Rangkap jabatan, saya ini rangkap 30 jabatan dikarenakan hampir semua ini memohonkan saya menduduki jabatan tertentu,” ungkap Sri Mulyani.

Beberapa jabatan yang dimaksud di area antaranya adalah Ketua Komite Kestabilan Sistem Keuangan (KSSK), perwakilan ketua juga anggota SKK Migas, OHK, Dewan Tenaga Nasiona, OJK, juga masih banyak lagi.

Namun, dengan statusnya sebagai menteri, Sri Mulyani semata-mata menerima satu upah dari jabatan tersebut, bukan dengan posisinya yang tersebut lain. Untungnya, wanita kelahiran 26 Agustus 1962 ini tetap memperlihatkan diperbolehkan menerima honor.

Gaji kemudian kekayaan Sri Mulyani

Berdasarkan Peraturan pemerintahan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2000 tentang upah Menteri dalam Indonesia, penghasilan yang diperoleh Sri Mulyani adalah Mata Uang Rupiah 5.040.000 per bulan. Jumlah yang dimaksud akan ditambah dengan tunjangan jabatan Rupiah 13.608.000. Dengan begitu, upah satu bulan manusia menteri adalah Rupiah 18.648.000 per bulan.

Angka yang dimaksud belum termasuk dengan tunjangan serta berbagai infrastruktur yang digunakan didapat menteri, mulai dari rumah dinas, dana taktis, hingga asuransi kelas VVIP.

Dengan penghasilan menteri kemudian upah yang digunakan diperoleh dari berbagai tanggung jawab juga prestasi yang tersebut dimilikinya selama ini, berdasarkan laporan e-lhkpn per 31 Maret 2023, harta Sri Mulyani adalah sebesar Simbol Rupiah 58 miliar.

Jumlah yang disebutkan sudah ada dikurangi dengan hutang sebesar 9,12 miliar. Dari total kekayaan tersebut, paling sejumlah adalah di bentuk tanah dan juga bangunan sebesar Rupiah 45,81 miliar yang dimaksud tersebar di dalam 11 bidang.

Kabar mundur Sri Mulyani

Isu mundurnya Sri Mulyani dari kabinet Jokowi pertama kali terdengar dari ekonom senior, Faisal Basri.

“Secara moral, saya dengan Bu Sri Mulyani paling siap untuk mundur. Pramono Anung (sekretaris kabinet) sudah ada gagap. Kan PDI belain Jokowi terus pusing,” ujar Faisal pada diskusi Political Economic Outlook 2024 dalam Tebet beberapa waktu lalu.

Diduga bahwa alasan kuat dari keinginan Sri Mulyani untuk mundur dari jabatannya sebagai Menteri Keuangan adalah seringnya perbedaan pendapat, khususnya hambatan anggaran juga keberpihakan Joko Widodo pada Pemilihan Umum 2024 pada sang anak, Gibran Rakabuming Raka.

Meski begitu, sampai ketika ini Sri Mulyani belum mengonfirmasi kabar tersebut. Sebaliknya, Yustius Prastowo sebagai Staf Khusus Menkeu-lah yang menyangkalnya.

“Klarifikasi, tiada ada pernyataan Menkeu SMI mengundurkan diri dari jabatan Menkeu, meskipun rumor beredar. Sampai ketika ini Ibu Sri Mulyani tetap saja menjalankan tugas menjaga keuangan negara dengan tanggung jawab,” ujarnya.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

(Sumber: Suara.com)