Punya Peran Vital pada Musim Hujan, Begini Ciri Wiper Harus Diganti

Punya Peran Vital pada Musim Hujan, Begini Ciri Wiper Harus Diganti

Dailykabar.com – JAKARTA – Mengetahui ciri wiper atau penyeka kaca sudah ada harus diganti sangat penting bagi pemilik mobil. Mengingat wiper sendiri memiliki peran yang dimaksud sangat vital, terlebih pada musim hujan seperti sekarang ini.

Di musim hujan, wiper akan bertugas membersihkan pandangan dari guyuran air hujan pada waktu berkendara. Dengan wiper yang digunakan telah tak berfungsi, tentu akan sulit sekali meninjau jalan kemudian dapat berbahaya.

Untuk itu, pastikan wiper mobil selalu di kondisi baik. Jika dirasa fungsinya telah berkurang, segeralah lakukan perbaikan, atau apabila telah tak dimungkinkan lagi segera lakukanlah penggantian.

Nah, lantas seperti apa ciri wiper yang sudah ada harus diganti? Berikut ini adalah paparan lengkapnya, seperti dilansir dari Hansma Automotiv pada Rabu (10/1/2024).

1. Rangka wiper mulai bengkok

Segera lakukan perbaikan apabila rangka wiper mobil mulai bengkok. Rangka wiper yang tersebut bengkok tentu beberapa sisinya tidak ada akan menyentuh kaca, apabila telah begini kaca tidaklah akan bersih maksimal. Jadi jangan tunggu lama untuk memperbaiki wiper yang tersebut bengkok. Dan apabila telah diperbaiki, berhati-hatilah ketika ingin menekuknya.

2. Ada bekas goresan dalam kaca

Sejatinya, wiper berfungsi untuk membersihkan pandangan kita bukanlah malah menambah goresan pada kaca yang mana justru akan mengganggu. Goresan di tempat kaca depan mobil menandakan wiper harus diganti. Jika dibiarkan, maka goresan akan menjadi lebih banyak parah, lama kelamaan tentunya semakin sulit kita mengawasi jalan.

3. Ada celah antara wiper dan juga kaca

Adanya celah antara wiper lalu kaca telah pasti menciptakan kinerja wiper sia-sia. Wiper tiada akan menyentuh kaca, yang dimaksud berarti kaca tidaklah akan bisa saja dipersihkan. Apabila menemui permasalahan ini sudah ada jelas bahwa penggantian wiper harus dilaksanakan dengan segera.

4. Terdengar bunyi berdecit

Bunyi berdecit ketika wiper digunakan merupakan tanda bahwa wiper sedang tiada baik-baik saja. Untuk itu coba bersihkan wiper atau jikalau masih bunyi juga, dapat lakukan penggantian.

5. Karet pada pisau retak atau rusak

Punya Peran Vital di tempat Musim Hujan, Begini Ciri Wiper Harus Diganti

Karet pada wiper dapat cuma rusak akibat terpapar sinar UV. Jika hal ini terjadi, karet tak akan menyentuh kaca secara sempurna serta inilah waktunya untuk mengganti wiper baru.

Jangan lupa untuk setiap saat memeriksa kondisi wiper pasca diganti. Hal ini akan sangat berguna, mengetahui kondisi karet wiper akan meminimalisir permasalahan kaca depan mobil lecet.

6. Pergantian musim

Untuk diketahui, jenis wiper sebenarnya berbeda-beda, ada yang mana dikhususkan untuk musim dingin yang mana mampu mengurangi dampak negatif salju kemudian ada yang tersebut dikhususkan untuk musim panas.

Tapi, pemilik mobil di dalam Indonesia tiada perlu khawatir akan hal ini. sebabnya semua wiper yang digunakan digunakan secara garis besar sama. Tidak ada wiper khusus oleh sebab itu tidakadasalju.

(Sumber:SindoNews)