Prabowo Sebut Go*bl*k Bisa Dinilai Pelanggaran Pemilu, Bawaslu: Belum Ada yang mana Lapor

Prabowo Sebut Go*bl*k Bisa Dinilai Pelanggaran Pemilu, Bawaslu: Belum Ada yang tersebut mana Lapor

Dailykabar.com – JAKARTA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menyampaikan umpatan Calon Presiden (Capres) nomor urut dua, Prabowo Subianto yang mengucapkan ‘Goblok’ sanggup melanggar aturan Pemilu. Sebab hal yang disebutkan termaktub di Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

“Tentang menghina ya? Bisa dijerat (Pasal 280 UU Pemilu),” ucap Bagja terhadap wartawan, Rabu (10/1/2024).

Diketahui, pada Pasal 280 Ayat 1 huruf C, UU Nomor 7 Tahun 2017, berbunyi pelaksana, peserta, kemudian regu kampanye pilpres dilarang, menghina seorang, agama, suku, ras, golongan, calon dan/ atau kontestan pemilihan umum lain.

Nantinya di menangani tindakan hukum tersebut, pihaknya akan menggandeng ahli bahasa melawan ucapan Prabowo tersebut.

“Bisa dicek itu ke ahli bahasa kalau gitu. Kalau mampu masuk,” katanya.

Namun, Bagja menegaskan, Bawaslu akan mendalami tindakan hukum yang dimaksud apabila memang benar ada laporan yang masuk. Sebab pascaucapan tersebut, pihaknya belum menerima laporan dugaan pelanggaran dari Panitia Pengawas pemilihan (Panwaslu) yang dimaksud pada waktu itu berada dalam lokasi pidato Prabowo.

“Belum, belum (ada laporan). Kalau dalam Panwas lapangan belum ada laporan ke kami,” katanya.

Seperti diketahui, Prabowo yang juga Ketua Umum DPP Partai Gerindra, mengunjungi sebuah acara konsolidasi volunteer Prabowo-Gibran yang mana diadakan di tempat GOR Remaja, Provinsi Riau, Selasa (9/1/2024).

Dalam peluang itu, Prabowo menyampaikan tanggapannya terhadap kritik yang digunakan diajukan oleh Anies Baswedan ketika Debat Pilpres Ketiga, mengenai kepemilikan lahan seluas 340 ribu hektare yang digunakan diungkapkan pada waktu debat ketiga Pilpres.

Prabowo tampak kesal terhadap isu tersebut. “Saudara-saudara, ada pula yang digunakan nyinggung-nyinggung punya tanah, berapa punya tanah ini, beliau pinter atau goblok sih?” kata Prabowo seperti diambil dari potongan video yang mana banyak beredar dalam beberapa jumlah media sosial.

(Sumber:SindoNews)