PPATK: 36,6 Persen Dana Proyek Krusial Nasional Masuk Rekening ASN juga Politisi

PPATK: 36,6 Persen Dana Proyek Krusial Nasional Masuk Rekening ASN juga Politisi

Dailykabar.com – JAKARTA – Pusat Pelaporan lalu Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menyebutkan 36,67 persen dana beberapa jumlah proyek strategis nasional masuk akun Aparatur Sipil Negara (ASN) lalu politisi .

Kepala PPATK Ivan Yustiavandana mengungkapkan tambahan dari 30 persen dana proyek strategis nasional tiada masuk ke kontraktor melainkan mengalir ke subkontraktor.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan PPATK, mengamati, mencermati, melakukan analisis mendalam terdapat 36,81 persen dari total dana masuk ke tabungan subkontraktor yang dimaksud dapat diidentifikasikan sebagai operasi terkait kegiatan operasional pembangunan,” ujar Ivan ketika konferensi pers terkait Refleksi Kerja PPATK 2023, Rabu (10/1/2024).

Kemudian, 36,67 persen dana proyek yang disebutkan mengalir ke kantong-kantong pribadi. Setelah diadakan penelusuran tambahan lanjut, pihaknya mendeteksi para penerima ini berstatus ASN hingga politisi.

“Hasil pemeriksaan mendalam terhadap kegiatan yang dimaksud tidaklah terkait dengan proyek teridentifikasi mengalir ke pihak-pihak yang mana mempunyai profil sebagai ASN, politikus, juga pembelian aset dan juga pembangunan ekonomi oleh para pelaku,” ungkapnya.

Kendati demikian, ia tidak ada menerangkan terkait proyek mana belaka yang tersebut dimaksud. Ivan juga tak mengungkap identitas ASN lalu politisi yang digunakan diduga menerima uang tersebut.

(Sumber:SindoNews)