Persiapan KPU Hadapi Gugatan pemilihan raya 2024 di area MK

Persiapan KPU Hadapi Gugatan pemilihan raya 2024 pada area MK

Dailykabar.com – JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengaku siap menghadapi sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) pada Mahkamah Konstitusi (MK). Bahkan KPU akan menyiapkan lokasi kerja khusus atau war room untuk menghadapi hal tersebut.

“Ya tentunya kami akan mempersiapkan segala sesuatunya berkenaan dengan hal yang dimaksud (war room),” kata Komisioner KPU RI, Idham Holik, Hari Jumat (22/3/2024).

Ruang kerja khusus itu kata Idham tak semata-mata digunakan untuk menghadapi sidang perselisihan pilpres di dalam tingkat nasional.

“Karena kalau kita bicara tentang PHPU itu tiada cuma bicara persoalan pilpres pada level nasional, seperti pemilihan umum anggota DPR RI, pemilihan umum anggota DPD atau pun pilpres presiden kemudian perwakilan presiden, tapi juga ada pemilihan umum anggota DPRD Provinsi kemudian DPRD Kota atau Daerah Perkotaan yang tersebut kita ketahui dapilnya begitu banyak tambahan dari 2.700 dapil,” jelasnya.

Saat ini kata Idham, KPU berada dalam mengantisipasi berapa berbagai perkara PHPU yang tersebut masuk ke MK. KPU mengaku siap menghadapi tahapan persidangan pada MK.

“Oleh akibat itu tentunya sebagaimana yang mana telah lama disampaikan Ketua KPU, kami KPU mengantisipasi konfirmasi atau informasi secara resmi disampaikan oleh MK, berapa berbagai perkara yang digunakan diregistrasi dan juga diterima oleh MK,” katanya.

Sebagai informasi, KPU secara resmi sudah pernah menetapkan hasil pemilihan umum presiden lalu perwakilan presiden 2024 untuk 38 Provinsi Indonesia juga Luar Negeri. Dari jumlah agregat ucapan keseluruhan pasangan nomor urut dua Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka pergi dari sebagai pemenang Pilpres 2024.

“Pembacaan berita acara Komisi Pemilihan Umum Nomor 218/PL.01.08-BA/05/2024 Tentang Penetapan hasil Pemilihan Umum Presiden lalu Wakil Presiden, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Anggota Dewan Perwakilan Daerah,” ucap Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari, di area ruang rapat Gedung KPU RI.

Hasyim menyatakan total ucapan sah Pilpres untuk 38 provinsi lalu pemilihan umum luar negeri sebanyak 164.227.475. Suara Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024, yakni 96.214.691 atau 58,90 persen.

Lalu, kata-kata pasangan nomor urut satu Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar yaitu 40.971.906 atau 24,94 persen, juga yang terakhir, pasangan nomor urut tiga Ganjar Pranowo – Mahfud MD yang dimaksud mengantongi 27.040.878. pengumuman atau 16.46 persen.