Pabrik Motor Listrik Honda Akan Dibangun di area Asia Tenggara, Indonesia Kandidat Kuat

Pabrik Motor Listrik Honda Akan Dibangun di tempat area Asia Tenggara, Indonesia Kandidat Kuat

DailyKabar.com – Honda Motor Co akan membangun pabrik motor listrik yang mulai beroperasi pada 2027 mendatang. Ini merupakan bagian dari rencana ambisius raksasa otomotif Jepang hal itu hingga 2030 mendatang.

Daiki Mihara, kepala divisi pengembangan motor listrik Honda, dalam jumpa pers di dalam Tokyo, Jepang, Rabu (29/11/2023) mengatakan pabrik motor listrik Honda kemungkinan akan dibangun pada India kemudian Asia Tenggara.

Saat ini Indonesia adalah salah satu pusat produksi motor Honda di area Asia Tenggara, sekaligus pasar terbesar sepeda motor Honda di area dunia. Karenanya ada potensi Indonesia akan menjadi salah satu lokasi pabrik motor listrik Honda di dalam dunia.

Astra Honda Motor, pemegang merek motor Honda dalam Indonesia, belum mengakses mulut tentang rencana prinsipalnya dari Jepang tersebut.

Honda pada Rabu (29/11/2023) mengumumkan rencana membangun pabrik motor listrik dalam Asia Tenggara yang mana akan mulai produksi pada 2027 mendatang. [Dok Honda Motor Co]
Honda pada Rabu (29/11/2023) mengumumkan rencana membangun pabrik motor listrik di area Asia Tenggara yang tersebut akan mulai produksi pada 2027 mendatang. [Dok Honda Motor Co]

Sementara itu, Mihara juga berjanji motor-motor listrik Honda akan dijual dengan biaya lebih besar murah, setara dengan harga jual motor berbahan bakar minyak yang digunakan sekarang beredar pada pasaran.

“Kami akan memasarkan motor listrik dengan harga jual yang dimaksud sejenis dengan model-model ICE,” kata dia.

Sembari menunggu pabrik motor listriknya dibangun, Honda akan memanfaatkan pabrik-pabrik sepeda motor yang tersebut ada saat ini untuk merakit motor listrik.

Sebelumnya Honda mengatakan akan menggelontorkan penanaman modal hingga 500 miliar yen atau sekitar Rp 52,7 triliun untuk mengembangkan motor listrik hingga 2030 mendatang.

Dengan duit sebanyak itu, Honda akan meluncurkan 30 model motor listrik juga berharap perdagangan motornya dalam dunia naik ke 4 jt unit per tahun dari sebelumnya ditarget 3,5 jt unit.

Selain itu, Honda juga mengatakan sedang mengembangkan sel lithium ferro-phosphate. Baterai ini akan digunakan pada 2025 mendatang.

(Sumber: Suara.com)