Tekno  

Nvidia Peringatkan Ancaman AI: 5 Tahun Lagi Bisa Lebih Cerdas dari Manusia

Nvidia Peringatkan Ancaman AI: 5 Tahun Lagi Bisa Lebih Cerdas dari Manusia

DailyKabar.com – CEO Nvidia, Jensen Huang memperingatkan masalah fenomena kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang digunakan mengancam orang-orang di dalam seluruh dunia. Bahkan lima tahun lagi, AI bisa jadi lebih besar cerdas dari manusia.

Huang menilai, jika Artificial General Intelligence (AGI)—tahap lanjutan dari pengembangan AI—perlahan hampir mampu menyelesaikan pekerjaan manusia, maka lima tahun ke depan hal itu bisa jadi diselesaikan langsung oleh AI.

“Dalam lima tahun ke depan, kalian tentu belaka mampu melihat AI yang mana mampu menyelesaikan tes tersebut,” kata Huang, dikutip dari CNBC International, Minggu (3/12/2023).

Huang kemudian menceritakan tentang chip untuk pengembangan superkomputer AI pertama di tempat dunia yang tersebut dikirim ke OpenAI. Kala itu OpenAI masih diisi oleh Elon Musk, sebelum pemilik Twitter alias X itu cabut dalam tahun 2018.

“Elon melihatnya, juga dia berkata, ‘Saya ingin salah satunya’. Dia memberi tahu saya tentang OpenAI,” kenang dia.

“Saya mengirimkan superkomputer AI pertama di tempat dunia ke OpenAI pada hari itu,” sambungnya lagi.

Huang kemudian membicarakan masalah kompetisi pada bidang AI yang nantinya mengarah pada alat-alat berbasis AI siap pakai untuk berbagai perusahaan. Produk itu mencakup desain chip, software, penemuan obat, serta radiologi.

Dia lalu menjelaskan kenapa industri teknologi memerlukan waktu beberapa tahun lagi untuk mencapai AGI. Menurutnya, pembelajaran mesin (machine learning) saat ini memang sudah mampu menyelesaikan tugas seperti pengenalan lalu persepsi.

Hanya belaka machine learning belum mampu melakukan penalaran multilangkah, yang dimaksud saat ini hanya sekali mampu dikerjakan oleh manusia.

Kendati begitu semua orang saat ini sedang mengembangkan AI. Ia menilai kalau perkembangan teknologi kecerdasan buatan itu sudah amat cepat.

“Tidak diragukan lagi bahwa tingkat kemajuannya tinggi,” tandasnya.

(Sumber: Suara.com)