Jalur Mudik Lebaran: 2 Tanjakan Sangat Berbahaya pada Gunungkidul Dilenyapkan dari Google Maps

Jalur Mudik Lebaran: 2 Tanjakan Sangat Sangat Berbahaya pada Gunungkidul Dilenyapkan dari Google Maps

GUNUNGKIDUL – Dua ruas jalan pada wilayah Gunungkidul akan datang dihapus sementara selama libur lebaran 2024 nanti. Alasannya, lantaran jalan yang disebutkan mempunyai tanjakan curam yang digunakan dianggap berbahaya bagi pemudik.

Dua ruas jalan yang disebutkan adalah tanjakan Clongop Kapanewon Gedangsari juga Bundelan Kapanewon Ngawen. Kedua ruas ini termasuk jalur rawan kecelakaan.

Kepala Dishub Gunungkidul Irawan Jatmiko mengatakan, Kedua ruas jalan ini miliki karakteristik tanjakan cukup terjal serta panjang.

Sehingga dinilai membahayakan untuk para pengguna jalan. Butuh kemampuan yang tersebut mumpuni dari pengendara juga keadaan mobil yang digunakan fit untuk melibas kedua ruas ini.

“Dua ruas jalan yang dimaksud berada di Perbatasan Gunungkidul-Klaten Jawa Tengah,” kata beliau ke sela ramp chek bus, Awal Minggu (1/4/2024).

Menurutnya, bagi penduduk lokal Kapanewon mungkin saja ruas jalan yang dimaksud telah biasa. Mereka telah terbiasa melintasi kedua ruas jalan yang disebutkan sehari-hari.

Namun. untuk penduduk luar wilayah yang dimaksud tidaklah mengetahui medan maka akan menyulitkan serta membahayakan.

Biasanya, penduduk luar area memang benar mengandalkan Google Maps untuk mencari jalan tersingkat ke Gunungkidul. Dan seringkali dua ruas yang dimaksud muncul di mana membuka Google Maps di Klaten ketika hendak ke Gunungkidul.

“Makanya kami upayakan agar tak muncul pada Google Maps,” kata dia.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Kominfo untuk menghitamkan (menghapus) ruas jalan yang dimaksud sementara waktu atau selama musim lebaran.
Tujuannya agar bukan muncul kecelakaan akibat kendaraan yang tak kuat melibas tanjakan ke dua ruas tersebut.

Artikel ini disadur dari Jalur Mudik Lebaran: 2 Tanjakan Berbahaya di Gunungkidul Dilenyapkan dari Google Maps