Ini adalah yang digunakan Harus Diketahui sebelum Pasang Kawat Gigi

Hal ini adalah yang mana digunakan Harus Diketahui sebelum Pasang Kawat Gigi

Dailykabar.com – JAKARTA – Kawat gigi rutin disebut sebagai “senjata rahasia senyum”, yaitu perangkat ortodontik yang mana digunakan untuk memperbaiki penataan gigi yang mana tak rata. Terbuat dari material berkualitas tinggi seperti logam atau keramik, kawat gigi bekerja dengan cara menggabungkan gigi menggunakan bracket kecil yang digunakan ditempatkan di dalam permukaan gigi kemudian kawat yang digunakan terhubung melalui bracket tersebut.

Meskipun tampak futuristik kemudian banyak kali penuh warna-warni dengan rubber bands, kawat gigi bukan belaka memberikan hasil estetika yang mana memukau, tetapi juga membantu meningkatkan kondisi tubuh mulut secara keseluruhan dengan memperbaiki gigitan sekaligus menghindari kesulitan gigi yang digunakan lebih banyak besar. Seiring berjalannya waktu, kawat gigi telah dilakukan menjadi semacam perhiasan modis, mengubah proses ortodontik menjadi perjalanan yang digunakan menyenangkan menuju senyum yang tersebut indah juga sehat.

Namun, ada hal-hal yang harus diketahui sebelum pasang kawat gigi. Yaitu, proses ini memerlukan komitmen waktu yang digunakan signifikan. Pasien harus siap menjalani perawatan ortodontik selama beberapa bulan hingga beberapa tahun, tergantung pada kompleksitas kasusnya. Kunjungan rutin ke dokter gigi untuk penyesuaian lalu perawatan tambahan juga menjadi bagian integral dari proses ini.


Perawatan kawat gigi dapat memerlukan penyesuaian pada pola makan lalu kebersihan mulut. Makanan yang tersebut keras atau lengket kemungkinan besar perlu dihindari untuk mengurangi kerusakan pada kawat atau bracket. Pembersihan gigi juga menjadi lebih besar teliti, dengan pemakaian benang gigi juga sikat gigi khusus untuk meraih area yang digunakan sulit dijangkau. Kedisiplinan pada menjaga kebersihan mulut akan membantu menghindari kesulitan seperti pembusukan gigi atau peradangan gusi selama proses perawatan.

Penting untuk memahami bahwa kawat gigi bukanlah semata-mata untuk estetika, tetapi juga meningkatkan fungsi serta kondisi tubuh mulut secara keseluruhan. Pemasangan kawat gigi dapat membantu memperbaiki kesulitan gigitan, menyusun gigi yang bertumpuk, lalu menjaga dari peluang hambatan ortodontik lain.

Sebelum memulai perjalanan ortodontik, berkonsultasilah dengan dokter gigi untuk memahami secara mendalam tentang prosedur, waktu, serta perawatan yang mana akan diterapkan untuk mencapai senyum yang sehat juga menawan. MG/Tasya Auliya Rizka

(Sumber:SindoNews)