Ini 6 Faktor yang Mempengaruhi Harga Mobil Bekas, Makin Jelek Makin Murah

Ini 6 Faktor yang tersebut Mempengaruhi Harga Mobil Bekas, Makin Jelek Makin Murah

DailyKabar.com – Membeli mobil bekas seringkali menjadi pilihan yang tersebut cerdas untuk mendapatkan mobil berkualitas dengan tarif yang digunakan lebih besar terjangkau. Namun, ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi nilai tukar mobil bekas. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi beberapa aspek kunci yang dimaksud perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli atau jual mobil bekas.

1. Kondisi Fisik

Salah satu faktor utama yang dimaksud memengaruhi harga jual mobil bekas adalah kondisi fisiknya. Keutuhan bodi, adanya baret pada cat, kemudian penyok akibat benturan dapat secara signifikan mempengaruhi nilai tukar jual. Mobil yang digunakan mempunyai kondisi fisik yang tersebut baik cenderung mempunyai nilai jual yang digunakan lebih tinggi tinggi.

2. Jarak Tempuh

Jarak tempuh mobil juga menjadi pertimbangan penting dalam menentukan harganya. Semakin rendah jarak tempuhnya, semakin tinggi nilai jualnya. Jarak tempuh rendah sering dianggap sebagai indikasi bahwa mobil itu memiliki umur pakai yang digunakan lebih tinggi panjang lalu mungkin memerlukan sedikit perawatan.

3. Kelengkapan Surat serta Dokumen

Ketika membeli mobil bekas, pastikan untuk memeriksa kelengkapan surat dan juga dokumen. STNK, BPKB, buku manual, service record, dan juga faktur merupakan dokumen-dokumen yang sangat penting. Mobil dengan dokumen yang tersebut lengkap cenderung mempunyai nilai jual yang tambahan baik.

4. Standar atau Modifikasi

Faktor lain yang digunakan mempengaruhi harga jual mobil bekas adalah apakah mobil yang dalam kondisi standar atau telah lama mengalami modifikasi. Meskipun modifikasi tertentu dapat meningkatkan nilai mobil, namun modifikasi yang dimaksud bukan standar dapat menyebabkan proses penilaian tarif menjadi lebih besar rumit.

Mitsubishi Mirage baru [Headlightmag]
Ilustrasi mobil. [Headlightmag]

5. Kondisi Mesin

Kondisi mesin merupakan aspek kritis yang memengaruhi nilai tukar mobil bekas. Periksa apakah mesin mobil sudah merembes oli atau tidak, serta apakah transmisi masih dalam kondisi baik. Mobil dengan kondisi mesin yang digunakan terawat cenderung memiliki nilai yang dimaksud lebih lanjut stabil.

6. Kondisi Interior

Terakhir, perhatikan kondisi interior mobil. Kursi yang dimaksud masih dalam kondisi baik, tanpa baret atau kerusakan, dapat meningkatkan nilai jual. Interior mobil yang digunakan terawat dengan baik mencerminkan pemeliharaan secara keseluruhan.

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas, penting untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi harga. Dengan memerhatikan kondisi fisik, jarak tempuh, kelengkapan dokumen, modifikasi, kondisi mesin, serta kondisi interior, pembeli dapat menciptakan keputusan yang lebih lanjut bijak lalu memverifikasi mendapatkan mobil bekas yang tersebut memenuhi standar kualitas yang digunakan diinginkan.

(Sumber: Suara.com)