Habib Jafar Ingatkan Anak Muda Menikah oleh sebab itu Mampu Bukan Sekadar Hindari Zina

Habib Jafar Ingatkan Anak Muda Menikah oleh sebab itu Mampu Bukan Sekadar Hindari Zina

Dailykabar.com – JAKARTA Habib Jafar mengingatkan anak muda untuk tidak ada terburu-buru menikah . Menurut sang pendakwah, penting untuk menikah akibat mampu lalu bukanlah sekadar menghindari perzinaan.

Habib Jafar menyatakan bahwa pernikahan harus diadakan pada keadaan siap. Sementara pernikahan dini bukanlah satu-satunya cara untuk para remaja menghindari perzinaan.

“Nikah itu sebab mampu, tidak sekadar ingin menghindari perzinaan. Tidak tepat apabila menyatakan bahwa menikahkan remaja untuk menghindari zina,” kata Habi Jafar di talkshow Bimbingan Remaja Usia Sekolah Plus (BRUS+) dalam JCC beberapa waktu lalu.

Pria bernama lengkap Habib Husein bin Jafar Al Hadar itu menjelaskan bahwa pengendalian nafsu seharusnya dijalankan melalui pengembangan peluang diri sehingga bisa saja menghindari pernikahan dini.

“Lebih tepat apabila menghindari zina adalah dengan tidak ada berzina, lalu dengan apa? Dengan berkegiatan yang digunakan positif untuk mengembangkan diri kemudian prestasi,” jelasnya.

“Karena dengan pengembangan diri akan menghindarkan pernikahan dini,” pungkasnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, bilangan bulat perkawinan anak di dalam Indonesia pada 2023 sebesar 9,23 persen atau 163.371 perkembangan nikah anak.

Ini artinya satu dari sembilan perempuan menikah pada waktu usia anak-anak. Jumlah ini berbanding kontras dengan laki-laki di area mana satu dari 100 laki-laki berumur 20 – 24 tahun menikah pada waktu usia anak-anak.

Oleh akibat itu, dengan adanya inisiatif BRUS yang dimaksud diselenggarakan Kementerian Agama untuk memberi wawasan mendalam pada generasi muda tentang perencanaan pernikahan sehingga mampu menghasilkan kembali generasi-generasi yang mana berkualitas.

(Sumber:SindoNews)