Gibran Rakabuming Salah Sebut Ibu Hamil Harus Penuhi Asupan Asam Sulfat, Auto Diledek Warganet: Anaknya Jadi Flash

Gibran Rakabuming Salah Sebut Ibu Hamil Harus Penuhi Asupan Asam Sulfat, Auto Diledek Warganet: Anaknya Jadi Flash

DailyKabar.com – Gibran Rakabuming kedapatan keliru membedakan antara asam folat dengan asam sulfat ketika sedang mengkaji salah satu program kampanye Kartu Indonesia Sehat (KIS) khusus ibu juga anak. 

Kartu itu sengaja dibuat Gibran Rakabuming  untuk dapat memonitor tumbuh kembang anak bahkan ketika masih di dalam dalam kandungan. Namun, saat jadi pembicara dalam suatu acara diskusi, Gibran rupanya salah menyebut nutrisi asam folat dengan zat kimia asam sulfat. Video itu pun menjadi merebak di tempat media sosial. 

“Lalu ketika hamil harus dicek dia misalnya asam sulfat, yodiumnya terpenuhi enggak, ketika anaknya lahir sampai 2 tahun ASI-nya terpenuhi gak, berat badannya tinggi badannya oke gak,” kata Gibran dikutip Suara.com dari sebuah video yang tersebut dibagikan akun X @BosPurwa pada Senin (4/12/2023).

Pernyataan hal tersebut langsung dikritik warganet. karena itu kekeliruan ucapan Gibran dinilai fatal. Diketahui asam sulfat merupakan zat kimia untuk menghasilkan produk-produk industri kimia, seperti akumulator juga aki kendaraan bermotor. Sementara nutrisi bagi ibu hamil yang dimaksud seharusnya asam folat.

“What, ibu hamil hrs terpenuhi asam sulfat? Asam folat kali, loe kate ibu hamil batre mobil apa pake asam sufat sgala!” kritik akun X @BosPurwa dalam caption postingan video tersebut. 

Asam folat memang salah satu nutrisi yang tersebut penting bagi ibu hamil. Karena membantu pembentukan sel-sel dan juga sistem organ pada janin, seperti otak juga sumsum tulang belakang. Juga berguna untuk pembentukan sel darah merah, serta menjaga daya tahan tubuh.

Meski asam sulfat lalu asam folat terdengar mirip, namun kedua istilah itu sangat berbeda. Tak heran bila salah ucapan yang dimaksud diimplementasikan Gibran banyak dikritik. Postingan cuplikan video itu pun langsung ramai dikomentari oleh warganet.

“Anaknya lahir” jadi flash,” sindir akun @rakaxxxxx.

“Tim suksesnya kok ngga mendampingi, kasihan sih..tapi dia maksa,” ujar @Sekaxxxx.

“Hey @gibran_tweet apa kau mau bunuh bumil ksh asam sulfat ??

Makanya belajar yg benar dulu baru tampil ke masyarakat banyak baca buku biar pengetahuanmu adalah dikit ga kosong2 amat,” kritik @ukhxxxx.

“Yah blunder ga si wkwk,” ledek @Tonixxxx.

(Sumber: Suara.com)