Berita  

Dukung Bisnis UMKM, Mahfud MD Janjikan Setiap Warkop Dapat Akses Dunia Maya Gratis

Dukung Bisnis UMKM, Mahfud MD Janjikan Setiap Warkop Dapat Akses Planet Maya Gratis

Dailykabar.com – SURABAYA – Calon Wakil Presiden Nomor Urut 03, Mahfud MD mengatakan, akses internet menjadi salah satu kunci untuk memajukan usaha UMKM dalam berada dalam pesatnya digitalisasi. Hal itu yang mana melandasi acara prioritas Paslon 03 untuk memberikan akses internet gratis terhadap masyarakat, khususnya pegiat UMKM.

“Kita punya acara namanya gratisin, itu mau menggariskan wifi dalam berbagai tempat, internet menjadi keperluan dasar, kalau bukan ada internet mampu menghilangkan peluang. Makanya ini menjadi inisiatif unggulan kita,” ujar Mahfud MD di dalam Surabaya, Rabu (10/1/2024).

Menurutnya, akses penampilan internet mampu menyokong para pelaku UMKM untuk tambahan mudah bertambah dan juga mengalami perkembangan di melakukan penetrasi pangsa yang dimaksud tambahan luas lewat platfrom digital.

“Kalau kaitannya dengan warung kopi ( warkop ), memang benar ada ikatannya, kalau disini warung kopi yang mana menyediakan internet, sehingga pengunjung banyak. Warung kopi kayak gini kan UMKM, kita akan memperluas jaringan internet gratis, sekaligus kemudahan bagi UMKM termasuk infrastruktur internetnya,” lanjutnya.

Kehadiran internet gratis ini, menurut Menko Polhukam itu bukanlah hanya sekali bermanfaat bagi pelaku usaha, khususnya skala mikro, namun juga dapat bermanfaat untuk sektor pendidikan. Inisiatif itu juga sekaligus menjawab permasalahan kesetaraan akses internet diseluruh Indonesia.

Dalam rangka mewujudkan kegiatan internet super cepat, gratis lalu merata ini, Pasangan Calon Presiden Ganjar Pranowo lalu Calon Wakil Presiden Mahfud MD ini mempunyai tiga strategi utama.

Pertama menjamin terpenuhinya target seluruh Indonesia terjangkau oleh akses internet, dengan penuntasan penyelenggaraan menara BTS serta penyediaan layanan akses internet dalam titik-titik layanan sarana publik.

Kedua, akan menjalin kerja sejenis dengan pihak swasta juga BUMN untuk menyediakan prasarana laptop juga akses internet gratis untuk 53,4 jt siswa SD, SMP, SMA, SMK, lalu madrasah.

Ketiga, melakukan digitalisasi birokrasi di dalam desa untuk dapat memetakan peluang pengembangan menunjang perkembangan sektor ekonomi kemudian pengaktifan lapangan kerja baru.

(Sumber:SindoNews)