Catatan Pinggir Lapangan: Mengapa Timnas Indonesia Kalah Telak Terus?

Catatan Pinggir Lapangan: Mengapa Timnas Indonesia Kalah Telak Terus?

Dailykabar.com – DOHA – Timnas Indonesia di bayang-bayang ketidakpastian mendekati Piala Asia 2023 pasca menelan tiga kekalahan berturut-turut pada laga uji coba terakhir. Meskipun uji coba adalah bagian dari persiapan, performa yang tersebut kurang meyakinkan menjadi sorotan yang patut diperhatikan.

Dua pertandingan uji coba pertama melawan Libya menunjukkan kerentanan Timnas Indonesia pada pertahanan. Dengan kekalahan telak 0-4 lalu 1-2, terlihat bahwa koordinasi dalam lini belakang belum optimal. Gol-gol dari Libya terjadi akibat kesalahan pemain, serta hal ini menjadi fokus utama yang dimaksud perlu dievaluasi oleh instruktur Shin Tae-yong.

Di laga teranyar melawan Iran, Selasa (9/1/2024), Timnas Indonesia menunjukkan bahwa permasalahan tak belaka terbatas pada pertahanan. Skuad Garuda juga kesulitan mencetak gol lalu mengalami kesulitan pada mengontrol permainan di area berada dalam lapangan. Ketidakmampuan untuk meraih kemenangan, bahkan di laga yang bersifat uji coba, menciptakan kegelisahan tentang mentalitas kemudian kepercayaan diri tim.

Pelatih Shin Tae-yong diharapkan segera melakukan evaluasi mendalam melawan performa timnya. Pilihan taktis serta formasi perlu diperiksa ulang agar Timnas Indonesia dapat tampil lebih besar konsisten juga solid di dalam Piala Asia 2023. Dengan lawan-lawan tangguh dalam Grup D Piala Asia 2023, seperti Jepang, Irak, dan juga Vietnam, perbaikan yang dimaksud signifikan diperlukan agar Indonesia dapat lolos ke 16 besar sesuai target.

Berikut analisis mengenai alasan Timnas Indonesia kalah dalam tiga laga uji coba mendekati Piala Asia 2023:

1. Keamanan Keropos

Catatan Pinggir Lapangan: Mengapa Timnas Indonesia Kalah Telak Terus?

Pada laga uji coba terakhir jelang Piala Asia 2023, Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Iran dengan skor mencolok 0-5. Kompetisi Timnas Indonesia kontra Iran yang dimaksud dijalankan di dalam Al Rayyan Sports Club, Qatar pada Selasa (9/1/2024).

Dengan hasil ini, praktis Timnas Indonesia tak sekalipun mencatatkan kemenangan pada tiga laga uji coba yang dimaksud dilakoni jelang turun di dalam Piala Asia 2023. Sebelumnya, Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong juga menelan dua kali kekalahan pada waktu menghadapi Libya di dalam Turki dengan skor 0-4 kemudian 1-2. Dan tadi malam, Jordi Amat kemudian kolega harus kembali menelan kekalahan telak 0-5 berhadapan dengan Iran.

Usai pertandingan, instruktur Shin Tae-yong mengakui lini belakang Timnas Indonesia bermasalah, “Ada beberapa kali kesalahan dari lini belakang kami. 3 gol yang mana kami dapat oleh sebab itu kesalahan lini belakang kami,” katanya.

2. Kurang Komunikasi

Catatan Pinggir Lapangan: Mengapa Timnas Indonesia Kalah Telak Terus?

Terlihat bahwa para pemain Timnas kurang efektif pada mengomunikasikan selama tekanan dari pemain Libya di dalam uji coba pertama juga kedua, mengakibatkan kesalahan komunikasi lalu akhirnya gol-gol tercipta. Pada uji coba ketiga melawan Iran, Indonesia kalah 0-5 namun sulit untuk merumuskan jalannya pertandingan sebab laga yang dimaksud dijalankan tertutup kemudian tidak ada disiarkan.

(Sumber:SindoNews)