Tekno  

Cara Mengecek Penggunaan Data Seluler pada iPhone

Cara Mengecek Penggunaan Data Seluler pada iPhone

DailyKabar.com – Beberapa pengguna iPhone mungkin mempunyai data internet yang dimaksud terbatas dan juga membatasi penyelenggaraan data seluler dalam sebulan. Dengan kata lain, pengguna harus mengawasi pemanfaatan data seluler bulanan. Untungnya, pengguna dapat mengecek pengunaan data seluler di area iPhone dengan mudah.

Sebelum data seluler habis digunakan, ada baiknya pengguna segera mengeceknya. Berikut ini cara mengecek pemakaian data seluler di tempat iPhone:

1. Cara mengecek pemanfaatan data seluler di tempat iPhone

  • Pertama, mengungkap Settings dalam ponsel
  • Cari opsi Celluler atau Mobile Data
  • Gulir ke bawah ke bagian yang bertuliskan Current Period. Di sini, pengguna dapat melihat total data internet yang tersebut digunakan sejak terakhir kali statistik disetel ulang

2. Statistik pemakaian data

Beberapa operator secara otomatis mengatur ulang statistik ini ke nol pada awal setiap periode penagihan bulanan, sementara operator lain mungkin memerlukan pengaturan ulang secara manual.

Pengguna dapat memeriksa pembaruan terkini untuk penyelenggaraan data di area bagian paling bawah menu.

Jika operator yang tersebut digunakan tidak ada menyetel ulang statistik secara otomatis, pengguna dapat menyetel ulang statistik secara manual dengan mengetuk Reset Statistics.

3. Cara mengatur pengaplikasian data di area iPhone

Jika pengguna menggunakan paket internet yang mana sangat terbatas, maka pengguna harus mencoba mengurangi total data yang tersebut digunakan. Berikut ini lima cara untuk mengatur penyelenggaraan data di tempat iPhone:

A. Menggunakan WiFi semaksimal mungkin

Coba lalu kurangi pemakaian paket data sebanyak mungkin dengan tetap menggunakan jaringan Wi-Fi tepercaya. Jika pengguna harus menggunakan jaringan Wi-Fi umum gratis, gunakan VPN untuk keamanan tambahan.

B. Matikan data seluler untuk aplikasi yang tersebut membutuhkan banyak daya

  • Buka Settings > pilih Cellular
  • Gulir ke bawah untuk melihat daftar aplikasi yang tersebut diinstal, masing-masing disertai dengan pemakaian datanya
  • Identifikasi aplikasi yang tersebut menghabiskan banyak data dari paket internet
  • Nonaktifkan data seluler untuk aplikasi yang dipilih guna membatasi pemakaian datanya hanya sekali untuk Wi-Fi
Ilustrasi Iphone - Iphone 15 Kapan Rilis (freepik)
Ilustrasi Iphone. (freepik)

C. Gunakan Low Power Mode

Low Power Mode adalah fitur iPhone yang hebat, namun juga harus digunakan dengan hemat. Ini berdampak buruk bagi sel jika pengguna selalu menyalakannya. Namun jika data internet pengguna hampir habis, pengguna dapat mengaktifkan Low Power Mode yang digunakan akan menonaktifkan semua aplikasi tidak ada penting dan juga proses latar belakangnya.

D. Matikan sinkronisasi latar belakang

Pengguna juga bisa jadi menonaktifkan penyegaran aplikasi latar belakang untuk setiap aplikasi yang tersebut diinstal. Misalnya, aplikasi Mail menggunakan koneksi internet serta IMAP untuk memeriksa layanan email. Hal ini membantu menghemat data dan juga mengoptimalkan masa pakai penyimpan daya dengan mencegah penyegaran aplikasi yang tidaklah perlu saat tak digunakan.

E. Nonaktifkan semua fitur yang tiada perlu pada Location Services

Salah satu pemanfaatan terbesar pada elemen penyimpan daya dan juga paket data adalah Location Services. Untuk mampu menghemat pemanfaatan data, pengguna disarankan untuk menonaktifkan semua fitur yang bukan perlu di dalam Location Services.

Itulah cara mengecek penyelenggaraan data seluler di area iPhone kemudian cara mengatasinya.

(Sumber: Suara.com)