Tekno  

Cara Memperbaiki Mikrofon Rusak pada Android

Cara Memperbaiki Mikrofon Rusak pada Android

DailyKabar.com – Mikrofon adalah komponen penting dalam ponsel Android. Saat pengguna menerima panggilan telepon atau video, pengguna tentu membutuhkan mikrofon yang berfungsi dengan baik. Jika mikrofon yang disebut tak berfungsi dengan normal, maka pengguna akan kesulitan mendengarkan pembicaraan lawan bicara.

Tetapi, jangan khawatir jika mikrofon pada ponsel Android rusak atau tiada dapat berfungsi, pengguna dapat memperbaikinya. Berikut ini cara untuk memperbaiki mikrofon yang tersebut tidaklah berfungsi di tempat Android:

Cara memperbaiki mikrofon bukan berfungsi pada HP Android

1. Periksa apakah akses mikrofon seluruh sistem diaktifkan

Ada kemungkinan pengguna telah lama menonaktifkan izin mikrofon, sehingga aplikasi yang dimaksud memerlukan perangkat keras tiada akan berfungsi. Di sebagian besar perangkat Android, pengguna dapat memperbaikinya dengan membuka Settings > Security and privacy > Privacy > Privacy Controls lalu mengaktifkan akses mikrofon.

Beberapa aplikasi berbasis ucapan mungkin juga memiliki tombol mute tertentu, jadi periksalah tombol hal tersebut saat pengguna menggunakannya.

2. Bersihkan lubang mikrofon

onsel cenderung mengumpulkan debu, serat, serta kotoran lainnya di tempat celah-celahnya, sehingga pengguna harus mencoba untuk membersihkan lubang mikrofon lalu pastikan kisi-kisi hal tersebut bukan terhalang oleh casing ponsel.

Jika pengguna melihat sesuatu dalam dalamnya, coba tiup perlahan atau gunakan benda kecil seperti tusuk gigi, penjepit kertas, atau alat SIM. Jangan gunakan udara bertekanan kemudian berhati-hatilah agar kisi-kisi tiada bocor.

3. Verifikasi izin mikrofon per aplikasi

Jika hanya saja beberapa aplikasi yang dimaksud bukan berfungsi saat pengguna membutuhkan mikrofon, maka kemungkinan izin mikrofon dinonaktifkan untuk aplikasi tersebut. Cukup mengakses Settings > Apps kemudian pilih aplikasi yang digunakan ingin diubah pengaturannya, kemudian klik Permissions.

Iluatrasi cek nomor seluler - cara cek nomor Telkomsel, Indosat, 3, XL (Pexels)
Iluatrasi mikrofon pada ponsel Android. (Pexels)

4. Tutup semua aplikasi yang dimaksud mungkin berbagi input mikrofon

Meskipun hal ini seharusnya tidaklah menjadi masalah, namun bukan berarti tiada mungkin dua aplikasi menggunakan mikrofon secara bersamaan dan juga menimbulkan konflik perangkat lunak. Cukup tutup paksa semua aplikasi yang tersebut tiada digunakan.

5. Periksa pembaruan Android atau aplikasi

Gangguan perangkat lunak sering terjadi, sehingga pengguna harus memperbarui versi Android kemudian memeriksa pembaruan aplikasi serta komponen di dalam Google Play Store.

6. Mulai ulang ponsel

Jika ada bug sementara pada Android atau aplikasi yang tersebut mengganggu, cukup mulai ulang ponsel serta cek kembali pemakaian mikrofon.

Itulah beberapa cara yang dapat dilaksanakan untuk memperbaiki mikrofon yang rusak pada Android.

(Sumber: Suara.com)