5 Cara Mencegah Mabuk Laut pada waktu Mudik Lebaran

5 Cara Mencegah Mabuk Laut pada waktu Mudik Lebaran

JAKARTA – Menjelang akhir Ramadan, komunitas Negara Indonesia akan mudik ke kampung halaman masing-masing. Beberapa pemukim ada yang digunakan memilih naik kapal laut untuk pulang ke tempat selama mereka.

Namun, rasanya tidaklah nyenyak apabila harus merasakan mabuk laut ketika perjalanan mudik. Keadaan mabuk laut menimbulkan tubuh merasa mual, pusing, keringat dingin, hingga sakit kepala.

“Mabuk laut adalah akibat dari reaksi fisiologis kompleks terhadap gerakan. Hal ini adalah ketidakcocokan informasi yang dimaksud dikirim ke otak dari mata, telinga bagian dalam, serta saraf sensorik, seperti di kaki,” kata John Bradberry, MD, direktur medis Carnival Cruise Lines diambil dari Everyday Health, Rabu (3/4/2024).

Contohnya, ketika Anda berada di dalam pada kabin kapal, mata Anda tidak ada mengawasi gerakan, namun telinga bagian di merasakannya. Mata memberi tahu otak Anda bahwa tiada ada gerakan, sedangkan telinga bagian di memberi tahu otak bahwa ada gerakan.

Untuk menyavoid mabuk laut ketika mudik, cobalah untuk melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Istirahat yang Cukup sebelum Berlayar

Istirahat yang dimaksud cukup sebelum berlayar sangatlah penting. Sebab, kurang tidur dan juga rasa lelah menyebabkan Anda lebih tinggi rentan terhadap komponen pemicu mabuk perjalanan. Bersantailah sebelum perjalanan Anda.

2. Minum Penyelesaian Antiemetik

Berbagai obat tersedia untuk membantu menjaga dari atau mengobati mabuk perjalanan. Solusi mual disebut obat antiemetik. Konsultasikan dengan dokter tentang obat mana yang mana terbaik untuk Anda, oleh sebab itu Anda kemungkinan besar dibatasi oleh obat lain yang tersebut Anda pakai.

Antihistamin dapat menyebabkan kantuk lalu mulut dan juga mata kering. Karena antihistamin memblokir arahan ke bagian otak yang dimaksud mengontrol mual juga muntah. Mengonsumsi obat seperti Dramamine bekerja paling baik apabila Anda meminumnya sebelum Anda mabuk perjalanan. Jadi untuk hasil terbaik, minumlah pil yang disebutkan sebelum Anda naik kapal, jikalau Anda akan melakukan perjalanan singkat.

3. Jangan Lupa Makan

Makanan terbaik adalah yang mana ringan lalu hambar seperti biskuit asin, roti tawar, atau pretzel. Memiliki sedikit makanan pada perut Anda lebih lanjut baik daripada mempunyai perut kosong, tapi berhati-hatilah untuk bukan makan terlalu banyak. Selain itu, Anda kemungkinan besar dapat menyesap minuman jahe.

Jahe adalah obat alami yang digunakan terkenal untuk mabuk perjalanan. Peppermint juga mempunyai efek menenangkan pada perut.

4. Hindari Rangsangan yang digunakan Memicu Rasa Mual

“Mual adalah ciri khas mabuk laut. Setiap rangsangan yang digunakan mengakibatkan rasa mual dapat memperburuk gejala mabuk laut,” kata Bradberry.

Pemicunya antara lain mengonsumsi makanan berminyak, makanan pedas, makanan asam seperti buah jeruk serta jus, juga makan besar. Menghindari semua makanan yang dimaksud dapat membantu mengatasi mual Anda.

Selain itu, hindari bau berbahaya juga penduduk lain dalam kapal yang muntah akibat mabuk perjalanan.

5. Dapatkan Lingkungan Segar

Jika Anda merasa mabuk laut, pergi mengundurkan diri dari ke dek terbuka atau balkon serta mengamati ke arah cakrawala akan membantu mengatasinya. Cara ini akan menimbulkan seluruh alat indera dengan otak lebih besar selaras sehingga menghilangkan rasa mual.

Selain itu, angin yang tersebut bertiup dalam wajah cenderung membantu menghilangkan rasa mual.

Artikel ini disadur dari 5 Cara Mencegah Mabuk Laut saat Mudik Lebaran