Tekno  

4 Cara Memerpanjang Usia Ponsel, Lebih Hemat Uang

4 Cara Memerpanjang Usia Ponsel, Lebih Hemat Uang

Dailykabar.com – JAKARTA – Ponsel bekas sanggup menjadi sumber limbah yang digunakan mencemari lingkungan dan juga membahayakan kebugaran manusia. Untuk mengatasinya, sebagian produsen menawarkan banyak cara menunda usia pemakaian ponsel.

Hal ini sebagian besar disebabkan oleh kebiasaan pengguna mengganti ponsel setiap dua tahun. Jika ditumpuk, jumlah agregat ponsel ini lebih besar tinggi dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Namun, tren ini mulai berubah. Semakin sejumlah produsen ponsel menawarkan komitmen pemakaian perangkat lunak yang tersebut lebih banyak lama lalu undang-undang hak perbaikan mulai diberlakukan. Maka, menambah masa berlaku usia ponsel menjadi pilihan yang dimaksud semakin menarik.

Berikut beberapa langkah yang digunakan dapat untuk melanjutkan usia ponsel dilansir dari Engadget, Kamis (21/3/2024).

1. Gunakan casing pelindung

Menggunakan ponsel tanpa casing memang benar terlihat keren, namun berisiko mudah rusak kemudian tergores apabila terjatuh. Pilih casing pelindung ponsel dari substansi ringan namun tahan lama seperti fiberglass.

2. Pemakaian baterai

Baterai menjadi salah satu komponen ponsel yang digunakan paling cepat rusak. Hindari pengisian daya dalam tempat panas lalu gunakan power bank pada waktu bepergian. User ponsel dapat mempertimbangkan untuk mengganti penyimpan daya internal apabila telah mulai merosot performanya.

3. Rutin membersihkan penyimpanan

Hapus program yang mana bukan digunakan, foto kemudian video yang mana tak penting, juga instruksi lama untuk mengosongkan ruang penyimpanan. Hal ini dapat membantu meningkatkan kinerja ponsel.

4. Manfaatkan layanan perbaikan resmi

Jika ponsel mengalami kerusakan, pilih layanan resmi atau bengkel terpercaya. Hindari penyelenggaraan suku cadang bajakan yang dimaksud dapat merusak perangkat lebih banyak lanjut.

Manfaat Memperpanjang Usia Smartphone

1. Hemat Uang

Memperpanjang usia ponsel dapat menghemat beratus-ratus ribu rupiah dibandingkan dengan membeli perangkat baru setiap dua tahun.

2. Pelestarian Bumi

Mengurangi limbah elektronik dapat membantu melindungi lingkungan lalu kemampuan fisik manusia.

3. Fitur Baru

Banyak produsen ponsel yang digunakan sekarang menawarkan pembaruan perangkat lunak selama beberapa tahun, memungkinkan pengguna untuk tetap memperlihatkan mendapatkan layanan terbaru tanpa harus membeli perangkat baru.