Ziarah ke Makam Syarifah Khadijah di dalam Bangil, Mahfud: Mewarisi Para Pemimpin Besar

Ziarah ke Makam Syarifah Khadijah di dalam di Bangil, Mahfud: Mewarisi Para Pemimpin Besar

Dailykabar.com – BANGIL – Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD berziarah ke makam Ratu Ayu alias Syarifah Khadijah dalam Bangil, Jawa Timur, Hari Jumat (12/1/2024).

Dia menjelaskan, berziarah ke makam ulama terdahulu merupakan tradisi para insan Nahdlatul Ulama (NU) untuk memetik pejaran hidup dari ulama terdahulu. Syariah Khadijah merupakan sosok pejuang yang melahirkan sejumlah pemimpin-pemimpin besar pada Indonesia.

“Hari ini saya ziarah ke makam Syarifah Khadijah. Ini adalah adalah tradisi NU berziarah ke orang-orang besar di tempat masa lalu untuk mengambil pelajaran,” ujar Mahfud pada Bangil, Hari Jumat (12/1/2024).

Dia menuturkan Syarifah Khadijah merupakan putri Maulana Sultan Hasanuddin bin Maulana, salah satu tokoh Wali Songo yaitu Syarif Hidayatullah alias Sunan Gunung Jati.

“Beliau ini adalah manusia syarifah yang dimaksud sudah menurunkan pemimpin-pemimpin besar juga pejuang-pejuang besar sehingga jasanya patut dikenang,” sambungnya.

Harapannya pasca berziarah ke salah satu makam putri wali songo dapat memetik inspirasi untuk menjaga negara yang tersebut telah dijaga oleh orang-orang terdahulu.

“Berdoa terhadap Allah agar kita dapat mewarisi, bukanlah minta segera terhadap yang tersebut bersangkutan (makam), tapi berdoa terhadap Allah melalui sejarah hidup beliau. Kita sanggup mewarisi semangat perjuangan dan juga kelurusannya di membimbing masyarakat,” kata Mahfud.

(Sumber:SindoNews)