Viral AC Mobil Keluar Kabut Sampai Berembun, Hal ini Penyebabnya

Viral AC Mobil Keluar Kabut Sampai Berembun, Hal ini Penyebabnya

Dailykabar.com – JAKARTA – Jagat maya dihebohkan dengan video ramai AC mobil mengeluarkan asap putih seperti kabut ketika kendaraan melaju di area perbukitan di kondisi hujan. Pada kisi-kisi AC juga terlihat embun atau air hasil dari hembusan angin dari kabut tersebut.

Padahal, normalnya hembungan angin pada AC mobil tidaklah mengeluarkan asap putih atau kabut disertai embun. Jelas kondisi ini akan menghasilkan sebagian orang panik oleh sebab itu khawatir terjadi kehancuran pada kendaraannya. Namun, pada video yang dimaksud terlihat sang pengendara cukup tenang.

Dalam video terlihat kabut yang dimaksud cukup tebal juga terus berhembus dari AC. Padahal, setelan AC mobil berada pada tingkat kedua serta kecepatan kipas pada indikator Lo. Itu berarti AC mobil disetel pada tingkatan terendah.

Ketika kamera diarahkan ke bagian luar mobil, terlihat kondisi jalan berada di dalam perbukitan dengan kondisi hujan. Perbedaan suhu di area luar ruangan dan juga di dalam pada kabin diyakini menjadi salah satu pemicu timbulnya asap putih atau kabut dari AC mobil.

Melansir Vehiclefreak, hari terakhir pekan (19/1/2024), AC mobil mengeluarkan kabut putih akibat berbagai alasan, seperti filter kotor, kemungkinan kebocoran, atau cairan pendingin yang digunakan masuk ke ruang bakar mesin.

Kondensasi terjadi ketika udara dingin bercampur dengan udara hangat yang dimaksud kemungkinan besar menjadi alasan mengapa AC mengeluarkan kabut putih. Kelembaban yang dimaksud akan mengembun kemudian kemudian berubah menjadi tetesan air. Tetesan ini dapat terlihat seperti kabut putih. Jika kelembapannya lebih lanjut tinggi dari suhu ruangan maka kabutnya mungkin saja sangat jauh lebih banyak tebal. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh ventilasi atau filter AC yang mana kotor.

Filter kabin AC mobil miliki tugas penting di menyaring udara yang dimaksud ada pada sirkulasi dalam kabin. Hal ini juga sangat penting untuk menjaga kebersihan evaporator AC sehingga lebih tinggi tahan lama lalu kinerjanya tetap saja maksimal.

“Filter kabin atau filter AC bertugas untuk menyaring udara di dalam di kabin mobil yang didinginkan oleh AC. Jika kotor, akan memproduksi penumpang tiada nyaman. Termasuk, menghasilkan evaporator cepat rusak sehingga pendinginan kabin tak optimal,” kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, di keterangan resmi.

(Sumber:SindoNews)