Sensor Parkir Rusak, Berapa Biaya Perbaikannya?

Sensor Parkir Rusak, Berapa Biaya Perbaikannya?

Dailykabar.com – Sensor parkir membantu menurunkan risiko benturan dengan objek atau kendaraan lain yang tersebut mungkin saja tidaklah terlihat oleh pengemudi.

Sensor parkir bekerja dengan memberikan peringatan tegas kata-kata atau visual ketika kendaraan mendekati objek, memberi pengemudi kesempatan untuk mengambil tindakan yang mana diperlukan.

Bagi sebagian orang kemungkinan besar komponen ini tak terlalu penting, tapi untuk merekan yang digunakan baru belajar mengendari mobil alat ini sangat membantu pada waktu parkir.

Oleh sebab itu, layanan seperti sensor parkir sangat dibutuhkan, agar kejadian yang digunakan tidak ada diinginkan bisa jadi dihindari.

Namun bagaimana bila sensor parkir rusak juga berapa biaya perbaikannya. Berikut biaya perbaikan sensor parkir rusak seperti diambil dari mobil88, hari terakhir pekan (26/1/2024).

Ternyata, biayanya perbaikannya bukan terlalu mahal bila dilaksanakan pada bengkel resmi. Untuk penggantian komponen sensor mobil yang digunakan rusak, biasanya di dalam kisaran Rp650.000. 

Hal yang disebutkan dengan rincian nilai Rp350.000 untuk sepasang sensor parkir dengan biaya pasang kisaran Rp300.000.

Biaya penggantian sensor parkir pada bengkel resmi bervariasi juga tergantung pada beberapa faktor, termasuk merek kendaraan, jumlah total sensor yang mana rusak, dan juga lokasi bengkel. 

Penyebab sensor parkir rusak

Ada beberapa hal umum yang dimaksud jadi penyulut kehancuran pada komponen ini. Di antaranya sebagai berikut:

– Sensor mobil yang memang benar sudah ada rusak sehingga bukan bisa saja mendeteksi area sekitar kendaraan kemudian mengeluarkan bunyi.

– Putusnya instalasi kabel sehingga sensor tidaklah bunyi. Sebelum mengganti sensor yang digunakan baru, cek terlebih dulu instalasi kabelnya.

– ECU atau Electronic control unit sensor rusak sehingga perlu diganti.

– Tegangan listrik terputus atau tak mengalir di dalam sedang sirkuit.

– Buzzer speaker mati.

– Switch sensor terputus sehingga tidak ada bisa saja mengeluarkan bunyi.

– Fuse lampu tiada berfungsi. Bila fuse lampu tidaklah berfungsi disebabkan aliran listrik tidak ada tersuplai dengan baik juga menyebabkan sensor tiada mampu mendeteksi area dalam bagian belakang mobil.

Demikian kisaran biaya perbaikan sensor parkir rusak lalu penyebabnya.

(Sumber: Suara.com)