Pelatih Vietnam Antisipasi Spirit Tempur Timnas Indonesia

Pelatih Vietnam Antisipasi Spirit Tempur Timnas Indonesia

Dailykabar.com – DOHA – Pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier, mengakui bahwa skuad Timnas Indonesia memiliki semangat juang yang tersebut dahsyat. Hal itu diungkapkan sang juru taktik jika Prancis yang disebutkan jelang laga Timnas Indonesia vs Vietnam di area Piala Asia 2023.

Seperti diketahui, The Golden Star Warriors -julukan Timnas Vietnam- akan menantang Timnas Indonesia pada matchday kedua Grup D Piala Asia 2023. Kompetisi yang dimaksud akan datang dijalankan di area Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, hari terakhir pekan (19/1/2024) pukul 21.30 WIB.

Di berhadapan dengan kertas, Timnas Vietnam lebih banyak diunggulkan ketimbang skuad Garuda -julukan Timnas Indonesia- dari segi ranking FIFA, yakni peringkat 94 dunia berbanding 146 dunia. Vietnam juga berada di dalam tempat ketiga Grup D, sedangkan Timnas Indonesia juru kunci.

Kendati begitu, Philippe Troussier enggan anak asuhnya meremehkan Timnas Indonesia yang digunakan dianggap mempunyai semangat juang luar biasa. Terlebih, eks instruktur Timnas Negeri Matahari Terbit itu mewaspadai duo bintang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan lalu Rafael Struick.

“Sementara saya mengamati atlet Indonesia punya semangat tinggi kemudian bermain sangat antusias ,” ujar Philippe Troussier, mengutip dari The Thao 247, hari terakhir pekan (19/1/2024).

“Indonesia adalah kelompok dengan semangat juang yang mana sangat dahsyat. Saya terkesan dengan No. 7 Marselino Ferdinan dan juga No. 11 Rafael Struick,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Philippe Troussier pun mengibaratkan duel Timnas Indonesia vs Vietnam bak final SEA Games juga Piala AFF. Di mana, salah satu regu yang tersebut menang di area laga yang disebutkan akan berpeluang untuk lolos ke putaran 16 besar Piala Asia 2023.

“Bayangkan pertandingan ini seperti final SEA Games serta Piala AFF. Tim mana pun yang digunakan menang, regu itu akan mempunyai potensi sangat tinggi untuk melanjutkan ke putaran sistem gugur,” jelas Troussier.

Di sisi lain, Troussier membeberkan bahwa Vietnam akan menerapkan permainan dengan penguasaan bola ketika melawan Timnas Indonesia nanti. Hal itu dilaksanakan agar pasukannya tampil percaya diri untuk mengungguli laga tersebut.

“Saya rasa pada pertandingan melawan Indonesia, penguasaan bola juga menjadi bagian yang digunakan sangat penting untuk membantu para pemain merasa percaya diri. Saat latihan, saya meninjau para pemain bersiap untuk pertandingan ini,” pungkasnya.

(Sumber:SindoNews)