Pakar Sebut Cak Imin Punya Emosi yang tersebut Baik Meski Diserang Gibran, Tapi Masih Terlihat Gugup

Pakar Sebut Cak Imin Punya Emosi yang dimaksud yang dimaksud Baik Meski Diserang Gibran, Tapi Masih Terlihat Gugup

Dailykabar.com – Calon Wakil Presiden (Cawapres) RI nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin disebut memiliki pengelolaan emosi yang digunakan baik. Hal ini terlihat ketika Cak Imin m debat keempat yang diselenggarakan di tempat JCC Senayan, Ibukota Pusat, Akhir Pekan (22/1).

“Di di lokasi ini terlihat pengelolaan emosi Caimin yang tersebut bagus,” kata Pakar Gestur juga Mikroekspresi jebolan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Monica Kumalasari, seperti disitir dari Antara, Mulai Pekan (22/1/2024).

Monica menuturkan, pada debat cawapres kedua ini Muhaimin kerap diserang oleh pernyataan dan juga pertanyaan dari lawan debatnya, khususnya dari Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka. Terkait itu, Cak Imin tak terpancing lalu dapat mengatasi emosinya dengan baik.

Meski demikian, Monica mengatakan Ketum PKB itu masih terluhat sangat gugup, juga justru tiada melontarkan lelucon seperti biasanya. Tetapi Cak Imin dinilai tambahan “cair” dibandingkan penampilan pada debat sebelumnya.

“Jadi dari 01 ini memang sebenarnya terlihat sekali gugup, ya, dan juga kita masih menantikan guyon atau lelucon khasnya Cak Imin yang dimaksud tiada juga muncul, jadi memang benar apa adanya saja,” katanya.

“Perubahan dari gestur kemudian ekspresi yang dimaksud nampak adalah pengendalian emosi yang dimaksud masih sejenis seperti dahulu, tetapi kali ini langkah untuk menjawab itu telah menjadi lebih banyak cair lagi,” Monica menambahkan.

Sama seperti Cawapres nomor urut dua juga tiga, Cak Imin, menurut Monica, juga kerap kali melontarkan strategi pernyataan serta pertanyaan “serangan” untuk lawannya, seperti isu ijazah palsu hingga catatan Mahkamah Konstitusi (MK). Namun, penyampaian “serangan” yang disebutkan sangat baik juga tidak ada berdasarkan emosi.

“Cak Imin ini juga memberikan ‘serangan’ seperti ijazah palsu, kemudian catatan MK, juga sebagainya, ke 02, tetapi tidaklah berbeda, artinya, pada pengendalian emosi ini tiada nampak agresivitas serta nampak ‘tidak terpengaruh’ dengan apa yang digunakan disampaikan oleh 02,” ujar Monica.

Debat Cawapres

Dalam debat Pilpres Akhir Pekan (21/1/2024) malam, memepertemukan ketiga cawapres, yakni Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, Gibran Rakabuming Raka lalu Mahfud MD.

Ketiga Cawapres saling bersalaman usai debat Capres-Cawapres keempat di area JCC Senayan, Jakarta, Mnggu (21/1/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
Ketiga Cawapres saling bersalaman usai debat Capres-Cawapres keempat pada JCC Senayan, Jakarta, Mnggu (21/1/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

Tema yang dimaksud diangkat di debat yakni perkembangan berkelanjutan lalu lingkungan hidup, sumber daya alam, energi, pangan, agraria, rakyat adat lalu desa.

Berbeda dari sebelumnya, debat kali ini dikawal oleh dua moderator perempuan yakni Retno Pinasti dari SCTV lalu Zilvia Iskandar dari Metro TV.

Tayangan debat berlangsung selama 120 menit dibagi di enam segmen yang sudah ada disusun untuk debat.

Sebelum digelarnya debat, 11 panelis sudah ada diputuskan untuk merumuskan pertanyaan yang akan dipilih secara acak untuk dijawab oleh Cak Imin, Gibran juga Mahfud MD.

(Sumber: Suara.com)