Pajak Sepeda Motor Bensin Bakal Naik, Berikut Rincian Tarif PKB Terbaru

Pajak Sepeda Motor Bensin Bakal Naik, Berikut Rincian Tarif PKB Terbaru

Dailykabar.com – JAKARTA – Menteri Koordinator Sektor Kemaritiman kemudian Penanaman Modal (Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan kenaikan pajak kendaraan motor bensin pribadi untuk mensubsidi transportasi masal.

Hal yang disebutkan diungkapkan Luhut Binsar Pandjaitan di sambutannya lewat sebuah video yang diputar pada peresmian peluncuran jenama lalu hasil kendaraan berbasis penyimpan daya Build Your Dreams (BYD).

“Kami tadi rapat juga berpikir untuk meninggal pajak kendaraan sepeda gowes motor non-listrik sehingga nanti itu bisa jadi memberikan subsidi ongkos-ongkos seperti LRT atau kereta cepat,” kata Luhut pada sambutannya lewat sebuah unggahan video, disitir hari terakhir pekan (19/1/2024).

Peningkatan pajak kendaraan konvensional itu diharapkan mampu mengupayakan publik untuk menggunakan transportasi masal. Sehingga kesulitan polusi udara lewat kendaraan bisa jadi berkurang.

“Dengan demikian, kita mencoba mengamati ekuilibrium kemudian juga di konteks menurunkan polusi udara,” sambungnya.

Luhut akan segera melakukan rapat terbatas pada 22 Januari 2024 untuk mengkaji tindaklanjut mengenai rencana meninggikan pajak kendaraan konvensional bersatu Presiden Jokowi.

“Beberapa bulan terakhir ini kami telah menemukan situs-siku masalahnya serta saya pikir ini kesempatan yang bagus untuk menghasilkan DKI Jakarta menjadi bersih,” tutup Luhut.

Baca Juga: 40 Juta Kendaraan Nunggak Pajak, Daerah Amsyong Rp180 Ribu Miliar

Sebagai informasi, pemerintahan Provinsi DKI DKI Jakarta telah lama meninggikan tarif pajak kendaraan bermotor (PKB) terbaru. Besaran tarif kendaraan itu diatur pada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2024 tentang Pajak Daerah lalu Retribusi Daerah, yang mana diteken Pj. Gubernur Heru Budi pada 5 Januari 2024.

(Sumber:SindoNews)