Pabrik Ban di tempat Cikarang PHK Besar-Besaran, Begini Kata Kemnaker

Pabrik Ban di tempat tempat Cikarang PHK Besar-Besaran, Begini Kata Kemnaker

Dailykabar.com – JAKARTA – Kementerian Ketenagakerjaan ( Kemnaker ) membenarkan, adanyaPemutusan Hubungan Kerja ( PHK ) oleh pabrik ban di dalam Cikarang. Diterangkan juga pada waktu ini perkara PHKoleh pabrik ban, PT Hung-A Indonesia telah ditangani oleh Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Bekasi, Jawa Barat.

“Kasus itu sedang dihandle Dinas Ketenagakerjaan Bekasi,” ujar Direktur Jendral Pembinaan Hubungan Industrial kemudian Garansi Sosial Ketenagakerjaan, Kemnaker, Indah Anggoro Putri pada waktu dihubungi MNC Portal, Rabu (17/1/2024).

Lebih lanjut, dijelaskan Indah, bukan semua persoalan hukum PHK ditangani oleh Kementerian Ketenagakerjaan. Sehingga setiap persoalan hukum PHK yang digunakan diadakan oleh sebuah perusahaan di area suatu daerah, maka ditangani oleh Disnaker setempat.

“Tidak semua PHK dihandle oleh Kemnaker. Jadi kalau perusahaan swasta berlokasi di tempat 1 titik, maka kalau akan PHK harus laporannya ke Disnaker Kab/Kota dimana perusahaan yang disebutkan berada,” sambungnya.

Sebelumnya dilaporkan, pabrik ban kondang PT Hung-A di tempat Cikarang, Jawa Barat gulung tikar lantaran menyembunyikan semua operasional dan juga produksi mulai 1 Februari 2024. Pengetahuan yang dimaksud diketahui beredar melalui video di tempat sosial media yang dimaksud diunggah oleh akun Instagram @bekasi.kita.

Sekedar informasi, diketahui pada awal tahun 2023 lalu, PT Hung-A Indonesia sudah ada memangkas sekitar 330 ribu karyawan sebab turunnya produksi sebagai Imbas dari konflik geopolitik tanah Ukraina – Rusia.

“Kalo tindakan PHK telah disepakati kedua belah pihak (pekerja serta pengusaha), lalu aman damai penyelesaian hak lalu kewajiban para pihak, maka gak usah diributkan lagi,” tutup Dirjen Indah.

(Sumber:SindoNews)