Netizen Puji Menlu Retno Marsudi Walk Out pada waktu Duta Besar tanah Israel Bicara: Gak Ada Negara Kebal Hukum!

Netizen Puji Menlu Retno Marsudi Walk Out pada waktu Duta Besar tanah negara Israel Bicara: Gak Ada Negara Kebal Hukum!

Dailykabar.com – Sikap Menteri Luar Negeri Retno Marsudi walk out ketika duta besar tanah Israel memberikan pernyataan pada Dewan Security PBB, dipuji netizen Indonesia.

Peristiwa ini terjadi di dalam Markas Besar PBB pada New York pada Selasa 23 Januari 2024 lalu. Tidak belaka orang diri, Menlu Retno Marsudi walk out bersatu puluhan delegasi lainnya dari berbagai negara, khususnya yang tergabung pada OKI.

OKI adalah Organisasi Kerja Sama Islam yang dimaksud terdiri 57 anggota yang tersebut juga tergabung di PBB kemudian Uni Eropa, seperti Arab Saudi, Brunei Darussalam, Uzbekistan, Palestina, Qatar, Tanah Melayu kemudian sebagainya.

Menariknya, sebelum walk out pada keterangan awal di area sidang yang disebutkan sebelum sidang Menlu Retno tegas masih akan membela kemerdekaan Palestina yang dimaksud dijajah negara Israel lebih tinggi dari 75 tahun.

“Saya telah 3 kali pada 3 bulan terlibat debat komite tentang Palestina. Dan Indonesia tegas akan teguh dengan Palestina sampai adanya keadilan,” ujar Menlu Retno.

Menariknya, walaupun Menlu Retno semata-mata satu dari beberapa perempuan yang sebagian kontestan sidang merupakan lelaki. Namun menteri berusia 61 tahun itu tiada gentar, serta masih beranjak ke luar pintu sidang.

Menariknya meninjau hal ini netizen mengaku sangat bangga dan juga berterimakasih dengan aksi Menlu Retno di area rapat dunia. Hal ini membuktikan mayoritas Indonesia masih berdiri sama-sama Palestina untuk bisa saja merdeka.

“Ibu Retno Marsudi mantap keren, punya sikap tegas menolak negeri Israel dan juga mendukung penuh Palestina merdeka,” komentar seseorang netizen membalas unggahan @RagilSemar.

“Israel harus bertanggung jawab berhadapan dengan tindakannya, termasuk kekejaman pada Gaza. Tidak ada negara yang digunakan kebal hukum,” komentar @AaronJamesEkman yang dimaksud mengulang pernyataan Menlu Marsudi di konferensi UNSC.

Melihat aksi ini juga, sejumlah netizen yang mana mengaku puas dengan kinerja Menlu Retno Marsudi tidak ada gentar di dalam panggung dunia yang mana penuh tekanan. Bahkan tak sedikit yang digunakan ingin perempuan selama Semarang itu masih menjadi menteri luar negeri di dalam beberapa tahun ke depan.

“Berharap bu Retno jadi Menlu Indonesia buat lima tahun ke depan lagi entah siapa presidennya. Dan gue nggak mampu ngebayangin kalau Menlu Indonesia bukanlah bu Retno lagi,” kata @lusty_Gallan7.

Seperti diketahui, sesuai dengan bunyi UUD 1945 sebagai salah satu dasar negara Indonesia, disebutkan dengan tegas penjajahan harus dihapuskan di tempat muka bumi. Sehingga sejak presiden RI pertama hingga ketika ini Indonesia akan berada dengan Palestina yang tersebut terjajah.

Menariknya, Indonesia sebanding sekali tidak ada memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Ini adalah akibat Indonesia tidak ada mengakui negara yang mana membantu Amerika Serikat itu sebagai negara, sehingga bukan aneh jikalau tak ada Kedutaan Besar tanah Israel di area Indonesia sebagai perwakilan diplomasi.

(Sumber: Suara.com)