Mengenal Golongan Kendaraan di area Tol dari I sampai VI: Apa Bedanya?

Mengenal Golongan Kendaraan di area area Tol dari I sampai VI: Apa Bedanya?

Dailykabar.com – Di balik kecepatan dan juga kenyamanan mengejar kita di area tol, terdapat klasifikasi kendaraan yang dimaksud mempengaruhi tarif tol yang tersebut harus kita bayarkan. Dari Golongan I hingga VI, setiap kelas kendaraan mempunyai perbedaan karakteristik juga penentu golongan yang tersebut kemungkinan besar bukan kita ketahui.

Sebelumnya, perlu diketahui makna dari gandar, yang dimaksud artinya adalah sumbu roda truk. Nah jikalau sudah ada tau, mari kita menggali lebih tinggi pada untuk mengenal golongan kendaraan di dalam tol, sehingga kita dapat memahami apa yang membedakan satu golongan dari yang digunakan lain, diambil dari situs resmi Badan Pengatur Jalan Tol.

Ilustrasi jalan tol (Foto oleh Kindel Media Massa dari Pexels)
Ilustrasi jalan tol (Foto oleh Kindel Dunia Pers dari Pexels)

Golongan I: Melibas Jalanan dengan Elegan

Golongan I mencakup kendaraan yang mana umum kita temui sehari-hari, seperti sedan, jip, pick-up/truk kecil, kemudian bus. Jika kendaraan Anda berada di area kategori ini, berarti Anda dapat menikmati tarif tol yang digunakan lebih tinggi terjangkau.

Golongan I adalah tempat bagi kendaraan pribadi dan juga bus kecil untuk melaju dengan elegan dalam jalan tol.

Golongan II: Truk dengan 2 Gandar

Langkah berikutnya adalah Golongan II, yang dimaksud diperuntukkan bagi truk dengan 2 gandar. Dengan tambahan satu gandar, truk ini miliki tarif tol yang sedikit lebih lanjut tinggi dibandingkan dengan kendaraan di dalam Golongan I.

Meski begitu, dia masih menjadi bagian penting dari aliran barang juga distribusi di dalam jalan tol.

Ilustrasi truk. (Pixabay/ArtisticOperations)
Ilustrasi truk dengan 3 gandar. (Pixabay/ArtisticOperations)

Golongan III: Truk dengan 3 Gandar

Golongan III menjadi tempat bagi truk yang lebih banyak besar dengan 3 gandar. Ukuran kemudian kapasitas muatan yang digunakan tambahan besar menghadirkan pengaruh pada tarif tol yang dimaksud dikenakan.

Para pengemudi truk dalam Golongan III tahu betul bahwa pekerjaan merekan menghadirkan tanggung jawab besar pada berhadapan dengan roda.

Golongan IV: Truk dengan 4 Gandar

Truk yang tersebut semakin besar dan juga kuat, dengan 4 gandar, memasuki wilayah Golongan IV. Tarif tol untuk kendaraan di area di sini kemungkinan besar lebih besar tinggi, tetapi kemampuan muatannya yang tersebut besar membuatnya menjadi andalan di pengiriman barang yang membutuhkan ruang lebih.

Golongan V: Truk dengan 5 Gandar

Ketika Anda mengamati truk dengan 5 gandar melaju di dalam tol, Anda tahu bahwa merekan masuk ke pada Golongan V. Hal ini adalah kelas truk yang digunakan dirancang untuk menghadapi tantangan berat, juga tarif tol yang digunakan merek bayarkan mencerminkan kapasitas lalu daya angkut yang lebih banyak besar.

Golongan VI: Kendaraan Bermotor Roda 2 (Dua)

Terakhir, namun tiada kalah penting, adalah Golongan VI yang mencakup kendaraan bermotor roda 2. Meskipun berbeda di hal jenis dan juga ukuran, motor juga memiliki kelasifikasinya sendiri di dalam jalan tol.

Golongan VI menjadi tempat bagi para pengendara motor yang ingin mengeksplorasi jalan tol dengan kecepatan kemudian kebebasan.

Mengenal golongan kendaraan dalam tol bukanlah hanya sekali tentang membayar tol yang dimaksud tepat, tetapi juga memahami seberapa besar dampak kendaraan kita terhadap infrastruktur jalan tol.

Dengan mengetahui golongan kendaraan, kita dapat memperkirakan seberapa berbagai sumbangan yang kita berikan dan juga menghargai peran setiap jenis kendaraan di menjaga arus lalu lintas tol tetap memperlihatkan lancar.

(Sumber: Suara.com)