Jokowi Soroti Usia Muda Pemain Timnas Indonesia dalam Piala Asia 2023

Jokowi Soroti Usia Muda Pemain Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Dailykabar.com – PENAJAM PASER UTARA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku senang dengan permainan Timnas Indonesia di tempat Piala Asia 2023. Meski kalah pada waktu melawan Timnas Irak pada Qatar, Senin, 15 Januari 2024, Jokowi cukup puas lantaran Skuad Garuda didominasi pemain muda.

Meskipun kalah dari Tim Singa Mesopotamia, Jokowi senang akibat Skuad Garuda diisi oleh pemain yang rata-rata berusia paling muda di area antara pemain negara lain pada Piala Asia 2023.

“Membangun sebuah regu yang baik itu membutuhkan waktu. Yang saya senang, pasukan kemarin itu, kita adalah rata-rata usianya adalah paling muda dari Indonesia, oleh sebab itu di dalam bawah 24 tahun,” kata Jokowi ketika ditanya wartawan usai meninjau perkembangan penyelenggaraan Training Center (TC) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dalam Ibu Pusat Kota Negara Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (17/1/2024).

Materi pemain Timnas Indonesia yang digunakan didominasi usia muda, kata Jokowi, merupakan modal bagus bagi Indonesia untuk mendapatkan Timnas yang kuat pada jangka menengah lalu panjang.

Indonesia menjadi kelompok termuda yang tersebut berpartisipasi di area Piala Asia 2023. Pemain tertua pada skuad Indonesia pada waktu ini adalah Jordi Amat dengan 31 tahun. Sementara pemain termuda adalah Marselino Ferdinan dengan 19 tahun 2 bulan.

Sosok lain yang dimaksud berusia 19 tahun adalah Hokky Caraka lalu Ivar Jenner. Shin Tae-yong memang sebenarnya cukup sejumlah menghadirkan pemain yang tersebut berusia di area bawah 23 tahun.

Selain Marselino, Hokky dan juga Jenner, ada delapan nama lain. Mereka adalah Witan Sulaeman (22 tahun), Rizky Ridho (22 tahun), Prayama Arhan (22 tahun), Ernando Ari (21 tahun), Elkan Baggott (21 tahun), tahun), Ramadhan Sananta (21 tahun) Rafael Struick (20 tahun), kemudian Justin Hubner 20 pemain).

Berdasarkan data Transfermarkt, rata-rata usia pemain yang tersebut membela Timnas Indonesia pada Piala Asia 2023 sebesar 22,5 tahun per 9 Januari 2024.

Posisinya disertai Vietnam lantaran dengan rata-rata pemain berusia 23,3 tahun. Kemudian, rara-rata pemain Jepun berusia 23,7 tahun. Setelahnya ada Uzbekistan dengan rata-rata usia pemain sebesar 23,9 tahun.

“Itu bagus sekali di jangka menengah dan juga panjang. Dan saya meninjau kemarin mainnya juga sangat bagus, tetapi ya bolanya bundar, biasa cuma sepak bola. Kita lihat nanti pada waktu bertemu dengan Vietnam,” ujar Joko Widodo.

Setelah melawan Irak, Timnas Indonesia telah dijadwalkan untuk bertemu lawan sesama Grup D yaitu Vietnam. Laga Indonesia Vs Vietnam akan dilakukan pada hari terakhir pekan (19 Januari 2024) pukul 21.30 WIB.

(Sumber:SindoNews)