Jokowi Sebut TC Timnas Indonesia pada IKN Jalan 20 Persen, Target Rampung Mei 2024

Jokowi Sebut TC Timnas Indonesia pada IKN Jalan 20 Persen, Target Rampung Mei 2024

Dailykabar.com – PENAJAM PASER UTARA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau perkembangan perkembangan Training Center (TC) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia ( PSSI ) dalam Ibu Perkotaan Negara Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu, (17/1/2024). Jokowi mengumumkan perkembangan TC telah mencapai 20% juga ditarget rampung bulan Mei 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi didampingi Ketua Umum PSSI yang mana juga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir serta Pelatih Tim Nasional Indonesia Indra Sjafri.

Presiden menyampaikan untuk bahwa proses Pembangunan TC terus dilakukan. Berdasarkan laporan Erick Thohir, Presiden menyebutkan bahwa progress Pembangunan TC sudah ada mencapai 20% dari targetnya.

“Kalau kita lihat memang sebenarnya telah dimulai dan juga sampai hari ini sudah ada tuntas 20%. Dan kita harapkan Mei (2024) sudah ada jadi, lalu Juni (2024) telah bisa jadi dipakai untuk TC, untuk U-20 masuk ke sini. Coach Indra (Sjafri) juga sudah ada katakan siap untuk TC di area IKN. Rumput juga telah disemai semuanya,” demikian Presiden memberikan update terhadap media.

Sementara itu, Erick menegaskan bahwa pemerintah juga PSSI berharap penyelenggaraan Training Center Tahap 1 ini dapat selesai sesuai target pada Mei 2024. Dengan demikian, para pemain kemudian staf instruktur dapat segera memanfaatkan infrastruktur yang disebutkan untuk meningkatkan kualitas lalu prestasi sepakbola Indonesia.

Menurut Erick, Presiden Jokowi mengapresiasi perkembangan pengerjaan TC PSSI Tahap 1 yang tersebut sudah mencapai 20%.

“Tadi Pak Presiden menyatakan apresiasinya menghadapi progres konstruksi Training Center PSSI Tahap 1 yang telah dilakukan mencapai 20%. Hal ini menunjukkan komitmen PSSI serta Adhi Karya di mempercepat perkembangan Training Center. Hal ini juga bagian dari perubahan fundamental sepak bola Indonesia menuju ke arah yang digunakan lebih tinggi baik,” jelas Erick.

Pembangunan TC PSSI merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas juga prestasi sepak bola Indonesia. Dengan prasarana bertaraf internasional, para pemain juga staf ahli akan dapat berlatih serta tumbuh di area lingkungan yang digunakan mendukung, dilengkapi dengan infrastruktur terkini, dan juga metodologi latihan terbaik.

Pembangunan TC PSSI Tahap 1 ini mendapat dana hibah dari FIFA Forward senilai 1,25 jt Simbol Dolar atau setara dengan Simbol Rupiah 19,2 miliar. Untuk tahap 1 ini, konstruksi difokuskan pada lapangan rumput natural, lapangan rumput artifisial, asrama, dan juga ruang ganti pemain.

(Sumber:SindoNews)