Instruksi Kapolri Lapisi Lampu Rotator dengan Kaca Film20 % Tak Efektif Redam Silau

Instruksi Kapolri Lapisi Lampu Rotator dengan Kaca Film20 % Tak Efektif Redam Silau

Dailykabar.com – JAKARTA – Kritikan terhadap pengaplikasian lampu rotator memproduksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan seluruh jajarannya melapisi lampu rotator kendaraan dinas menggunakan kaca film 20 persen.

“Saya pikir pengaruh meredam silau dengan dipasang kaca film kalau 20 persen tidaklah pengaruh, 60 persen baru pengaruh,” kata Presiden Direktur PT Global Auto International selaku distributor kaca film Andi Setiawan ketika dijumpai pada Rabu (17/1/2024).

Andi mengumumkan pengunaan kaca film 20 persen seperti yang diinstruksikan Kapolri kurang optimal meredam silau. Untuk mereduksi cahaya secara maksimal harus menggunakan kaca film 60 persen.

Pemasangan kaca film pada rotator, urai Andi, juga harus dijalankan dengan sangat teliti jikalau ingin kaca film bisa jadi tahan lama. Mengingat karakteristik rotator berbeda dengan kaca mobil.

“Nutupnya enggak gampang dikarenakan tidak kaca, ia itu mika. Mungkin tingkat untuk kekuatannya juga tiada seperti dalam kaca lantaran tempat ia itu di dalam luar, rentan rusak. Kalau pemasangannya asal, sebulan juga rusak,” ujar Andi.

Untuk diketahui, perintah pemanfaatan kaca film pada rotator dikeluarkan Kapolri melalui Surat Telegram (ST) Nomor ST/2869/XII/REN.2.2/2023.

Hal ini sebagai langkah lanjut berhadapan dengan kritikan yang dimaksud disampaikan seniman Sujiwo Tejo terkait lampu warna biru pada kendaraan dinas polisi yang digunakan mengganggu penglihatan pengguna kendaraan lain ketika berlalu lintas di area jalan raya.

(Sumber:SindoNews)