Tekno  

Dikabarkan Diserang Hacker, PT KAI Pastikan Sistem IT Aman

Dikabarkan Diserang Hacker, PT KAI Pastikan Sistem IT Aman

Dailykabar.com – JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) membantah kabar yang dimaksud menyebutkan bahwa sistem IT mereka terkena ransomware akibat serangan hacker. Dengan demikian, baik operasional layanan maupun data pelanggan masih aman.

VP Public Relations PT KAI Joni Martinus menyatakan pihaknya telah terjadi melakukan investigasi secara mendalam untuk menelusuri isu yang tersebut tak benar tersebut.

“Kami juga pastikan bahwa seluruh data KAI aman, lalu hingga ketika ini seluruh sistem operasional IT, pembelian tiket online KAI, dan juga layanan Face Recognition Boarding Gate dalam semua stasiun masih berjalan dengan baik,” katanya, Selasa (16/1/2024).

Sebelumnya, beredar kabar sistem IT KAI sudah pernah terkena ransomware yang menyebabkan data sensitif karyawan kemudian pelanggan terancam disebarkan. Isu ini pertama kali diungkap oleh akun media sosial X, @TodayCyberNews.

Disebutkan para hacker meminta-minta uang tebusan agar data yang dimaksud berhasil dicuri tetap saja aman. Namun negosiasi yang disebutkan belum juga direspons dan juga para penjahat mengancam akan membocorkan data apabila pada 15 hari KAI bukan memenuhi tuntutan.

Joni menegaskan operasional layanan juga keamanan data pelanggan PT KAI dijamin aman. Hal itu lantaran PT KAI sudah ada mengimplementasikan Sistem Manajemen Keselamatan Berita berstandar internasional ISO 27001 tentang Standardisasi Manajemen Keselamatan Informasi.

“KAI secara berkala terus meningkatkan keamanan siber demi kenyamanan para pelanggan untuk masih menggunakan jasa transportasi massal kereta api yang nyaman, aman juga tepat waktu,” kata Joni.

Sehubungan dengan isu yang mana beredar, Joni mengatakan akan bekerja sejenis dengan Polri untuk mengungkap perkara ini. Dia juga menegaskan PT KAI tak akan tunduk pada kejahatan pemerasan.

(Sumber:SindoNews)