Cara Berobat Pakai BPJS Aspek Kesehatan di tempat Luar Perkotaan ketika Mudik

Cara Berobat Pakai BPJS Aspek Bidang Kesehatan di area tempat Luar Perkotaan ketika Mudik

Dailykabar.com – JAKARTA – Warga dapat berobat menggunakan BPJS Aspek Kesehatan selama berada di area luar kota pada waktu mudik lebaran. Tepatnya selama periode 8-15 April 2024. Hal ini guna memudahkan partisipan Garansi Aspek Kesehatan Nasional (JKN) dengan memberikan akses pelayanan kondisi tubuh yang diperlukan.

Nantinya, para kontestan BPJS Aspek Kesehatan dapat mengakses pelayanan rawat jalan di dalam infrastruktur kemampuan fisik lain sebanyak tiga kali di sebulan.

“Peserta yang tersebut berada di area luar wilayah tempat Fasilitas Bidang Kesehatan Level Pertama (FKTP) terdaftar, dapat mengakses pelayanan rawat jalan dalam FKTP lain paling banyak 3 kali kunjungan di waktu satu bulan,” kata Direktur Utama BPJS Bidang Kesehatan Ghufron Mukti di keterangan tertulis, Mingguan (24/3/2024).


Untuk dapat menggunakan prasarana tersebut, kontestan BPJS Bidang Kesehatan diimbau untuk melakukan pembayaran iuran setiap bulan per tanggal 10 agar status kepesertaan tetap saja aktif.

“Jangan lupa juga untuk terus-menerus melakukan konfirmasi bahwa kepesertaan JKN kita semua aktif, sehingga ketika hendak mengakses layanan dalam infrastruktur kemampuan fisik tiada terkendala,” ujar Direktur Pemastian Pelayanan Aspek Kesehatan BPJS Aspek Kesehatan Lily Kresnowati.

Selain itu, Lily menyampaikan bahwa nantinya rakyat dapat segera menghubungi BPJS Kesejahteraan Care Center 165 untuk pencarian informasi sarana terdekat bagi yang dimaksud melakukan perjalanan mudik. Lily menambahkan, kontestan JKN juga dapat mengakses melalui Program Mobile JKN untuk mengetahui lokasi sarana kebugaran terdekat.

Dalam hal ini, partisipan BPJS Bidang Kesehatan tiada perlu panik melakukan penyembuhan berjalan pada luar kota. alasannya pada waktu ini telah dilakukan hadir ciri i-Care JKN yang merangkum riwayat kemampuan fisik partisipan JKN di 12 bulan terakhir.

“Kini terdapat layanan i-Care JKN yang tersebut dikembangkan oleh BPJS Kesehatan. Melalui perubahan ini, mempermudah dokter di area infrastruktur kemampuan fisik mengakses riwayat medis partisipan JKN di 12 bulan terakhir, guna memberikan pelayanan yang mana lebih besar cepat juga tepat. Bahkan kontestan JKN pun dapat mengakses juga melalui Aplikasi komputer Mobile JKN,” terang Lily.

Lebih lanjut Lily mengimbau publik yang melakukan perjalanan mudik untuk senantiasa menjaga kebugaran dengan makanan bergizi seimbang, kurangi makanan tinggi gula, perbanyak asupan air putih, istirahat cukup, juga berolahraga ringan secara rutin.

Posko Mudik Kesehatan

Selain mempermudah rakyat untuk rawat jalan di area luar kota, BPJS Bidang Kesehatan juga menghadirkan Posko Mudik Aspek Kesehatan pada 5-9 April 2024.

Lokasi Posko Mudik Kesejahteraan tersebar di area beberapa titik. Mulai Terminal Pulo Gebang di dalam DKI Jakarta Timur, Pelabuhan Merak di tempat Banten, Rest Area Tol Travoy KM 88A di dalam Purwakarta, Rest Area Tol Palikanci KM 207A di tempat Cirebon, Rest Area Tol Ungaran KM 429A di tempat Kota Semarang, Terminal Purabaya dalam Sidoarjo, hingga Pelabuhan Soekarno-Hatta di tempat Daerah Perkotaan Makassar.

“Posko yang dimaksud menyediakan berbagai layanan seperti konsultasi kesehatan, sarana relaksasi bagi pemudik, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, tindakan simpel darurat, kemudian pemberian rujukan bila diperlukan,” kata Ghufron.

“Diharapkan publik dapat merasakan kemudahan juga kenyamanan di mengakses layanan kondisi tubuh selama periode libur lebaran ini,” pungkasnya.