Apakah Penderita Diabetes Selalu Memerlukan Insulin? Perhatikan Kondisi Pasien

Apakah Penderita Diabetes Selalu Memerlukan Insulin? Perhatikan Kondisi Pasien

Dailykabar.com – JAKARTA – Apakah penderita diabetes mellitus setiap saat memerlukan insulin? Hal ini sebab pada kebanyakan pasien yang tersebut telah terkena diabetes, baik tipe 1 atau tipe 2 menggunakan insulin sebagai alternatif pengobatan.

Menyikapi kondisi tersebut, Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Profesor Zubairi Djoerban menjelaskan pada diabetes mellitus tipe 1 , insulin cenderung tiada mampu memproduksinya sehingga memang sebenarnya memerlukan insulin dari luar. Sedangkan pada diabetes mellitus tipe 2 kondisinya bermacam-macam seperti:

1. Diet saja
2. Diet dan juga olahraga
3. Diet, olahraga, dan juga pil
4. Diet, olaharaga, serta insulin
5. Diet, olahraga, pil, serta insulin

Profesor Zubairi menyatakan pada beberapa kondisi pasien penyakit gula tipe 2 kemungkinan besar akan memerlukan insulin, seperti menjauhi operasi, pemeriksaan HbA1c, serta lain-lain. Oleh oleh sebab itu itu, insulin sangat diperlukan.

“Mau operasi. Karena pada waktu dibius pasien maupun sebelum bangun pasien bukan dapat minum pil, maka diperlukan insulin. Kemudian kondisi ketika produksi insulin tak mencukupi kendati sudah ada minum pil,” kata Profesor Zubairi, diambil di akun X miliknya @ProfesorZubairi, Rabu (17/1/2024).

Selain itu, kondisi lainnya adalah pada pemeriksaan HbA1c lebih banyak dari 10. Karena dengan pemeriksaan HbA1c akan mencerminkan kondisi gula darah pada setidaknya 2-3 bulan terakhir. Ditambah dengan kondisi terakhir yaitu seseorang dengan infeksi berat seperti TBC atau panas tinggi. Maka pasien dengan kondisi-kondisi seperti itu biasanya akan memerlukan insulin.

Akan tetapi kondisi seperti ini tak melulu selalu identik dengan pasien yang mana lainnya. Untuk itu, Profesor Zubairi menyarankan agar tiap pasien berkonsultasi untuk dokter masing-masing yang tersebut menanganinya.

“Untuk konsultasi pribadi, Anda bisa jadi ke dokter spesialis penyakit pada konselor metabolik-endokrin ya,” tuturnya.

(Sumber:SindoNews)