Anish Daryani Akuisisi M&C Saatchi Indonesia, Keluar dari M&C Saatchi Group

Anish Daryani Akuisisi M&C Saatchi Indonesia, Keluar dari M&C Saatchi Group

Dailykabar.com – JAKARTA – Organisasi agensi M&C Saatchi Indonesia, yang dibentuk sebagai kemitraan antara M&C Saatchi Group kemudian Anish Daryani, Dami Sidharta, dan juga Elki Hendria pada 24 Januari 2018, resmi diakuisisi oleh Anish Daryani. Dalam pengambilalihan ini, 55% saham M&C Saatchi Group pada M&C Saatchi Indonesia dibeli oleh Daryani.

Dalam pernyataan bersama, Anish Daryani yang tersebut merupakan pendiri juga Presiden Direktur M&C Saatchi Indonesia juga Chief Growth Officer untuk Asia Tenggara, serta Zillah Bing-Thorne, ketua eksekutif ketika ini dari M&C Saatchi Group kemudian Chair dari M&C Saatchi Plc., menyatakan, bahwa ini adalah kemitraan yang digunakan saling menguntungkan selama 6 tahun terakhir.

“Selama waktu ini, ada hubungan simbiosis antara entitas Indonesia lalu M&C Saatchi (Grup). Indonesia telah dilakukan berkontribusi sepenuh hati terhadap ambisi Grup pada menyokong pertumbuhan, keuntungan, kemudian pengakuan untuk merek M&C Saatchi. Namun, dengan ambisi manajemen lokal untuk memproduksi kegiatan bisnis Indonesia menjadi independen, kebijakan sama-sama telah dilakukan diambil untuk berjualan kepentingan grup di bidang usaha ini terhadap Anish Daryani,” bunyi pernyataan tersebut, disitir dari siaran pers, Rabu (17/1/2024).

Selanjutnya, diterangkan bahwa M&C Saatchi Indonesia akan melakukan rebranding menjadi entitas baru pada Januari 2024. Sementara, mitra pendiri yakni Dami Sidharta, Chief Creative Officer, kemudian Elki Hendria, Executive Strategy and Digital Director, akan terus menjadi pemegang saham serta menjadi bagian integral dari pasukan kepemimpinan.

Perusahaan baru ini akan menjalankan industri dari lokasi yang sama, yakni Menara Sentraya, DKI Jakarta Selatan, Indonesia. Sedangkan perusahaan dengan semua klien, talents, mitra, lalu vendor juga akan terus bekerja sebanding pada bawah entitas baru tersebut.

Tercatat, klien dari M&C Saatchi Indonesia ketika ini, antara lainnya termasuk; PermataBank, Bytedance, Sampoerna–Philip Morris, Tempo Scan Group, Unilever, Kimia Farma, Mundi Pharma, Mastercard, Grab, LG, Pertamina, Kemenperekraf (Wonderful Indonesia), Asian Paints, Adaro Energy, Ismaya Group and Astra Credit Company.

Terkait pemisahan dengan M&C Saatchi Group, Anish Daryani menyatakan bahwa tindakan itu didasari upaya pencapaian ambisinya yang tersebut semata-mata dapat tercapai sebagai entitas independen. Dia menegaskan, M&C Saatchi adalah salah satu merek terkuat pada bidang usaha ini, di dalam mana dirinya sudah mendapat kehormatan untuk bekerja sejenis selama 6 tahun terakhir. “Sebagai pelaku bisnis kreatif, beberapa ambisi saya cuma dapat tercapai sebagai entitas independen, yang dimaksud sayangnya berarti saya harus mengundurkan diri dari dari grup,” ungkapnya.

Sementara itu, direktur utama M&C Saatchi Group juga Chair M&C Saatchi Plc., Zillah Bing-Thorne menyebutkan bahwa pihaknya mengharapkan yang terbaik bagi Daryani lalu rekan-rekannya di perniagaan baru tersebut. Disebutkan pula, M&C Saatchi Performance tetap memperlihatkan akan terus beroperasi pada Indonesia pada entitas hukum yang terpisah.

(Sumber:SindoNews)