5 Penyebab Kuku Berwarna Kuning, Bisa Jadi Pertanda Diabetes

5 Penyebab Kuku Berwarna Kuning, Bisa Jadi Pertanda Diabetes

Dailykabar.com – JAKARTA – Kuku Anda berubah menjadi kekuningan? Anda harus waspada. Kuku berwarna ikterus dapat disebabkan oleh berbagai faktor.

Faktor eksternal yang menyebabkannya mampu jadi Anda terlalu kerap menggunakan cat kuku terlalu lama. Sementara, beberapa penyakit juga bisa saja menciptakan kuku Anda berubah warna menjadi kekuningan.

Lantas, apa semata penyulut kuku berwarna kuning? Berikut penjelasannya seperti yang tersebut dilansir Health, Kamis (18/1/2024).

Penyebab Kuku Berwarna Kuning

1. Infeksi jamur

Menjaga kebersihkan tak terus-menerus tentang mandi, membersihkan kuku Anda juga menjadi bagian dari kebersihan diri lho. Jamur pada kuku dapat timbul ketika Anda lalai pada membersihkan kemudian merawat kuku. Kuku yang digunakan terkena infeksi jamur biasanya ditandai dengan pembaharuan warna kekuningan, kuku menjadi tebal, hingga menjadi mudah rapuh atau copot.

2. Kebiasaan merokok

Perokok terlibat biasanya lama kelamaan kukunya berubah menjadi kuning. Hal ini disebabkan dari komposisi nikotin lalu tar yang ada pada rokok. Biasanya kuku juga bersentuhan dengan asap tembakau sehingga menjadi kekuningan. Selain itu, kurangnya vitamin B12 juga perlahan-lahan menimbulkan warna kuku berubah.

3. Pengaplikasian cat kuku

Penggunaan cat kuku, terlebih yang digunakan berwarna gelap dapat meninggalkan bekas berwarna ikterus pada kuku. Apalagi apabila Anda menggunakan cat kuku dengan waktu yang mana lama, noda kekuningan akan semakin pekat dan juga membutuhkan waktu cukup lama untuk menghilangkannya. Jika ingin mengganti warna cat kuku, sebaiknya berikan jeda seminggu.

4. Psoriasis

Psoriasis merupakan kondisi autoimun kronis yang mana menyebabkan bercak lapisan kulit meradang. Ternyata penyakit ini juga sanggup menyebabkan inovasi warna kuku menjadi ikterus lho. Awalnya pada bagian kuku terdapat bercak putih atau kekuningan, lama kelamaan kondisi yang disebutkan dapat terjadi ke seluruh bagian kuku.

5. Diabetes

Penyakit hiperglikemia terjadi ketika glukosa darah atau gula darah terlalu tinggi dikarenakan rendahnya hormon insulin pada tubuh. Penyakit hiperglikemia juga berkaitan pada infeksi jamur pada kuku. Penyandang hiperglikemia rentan terhadap infeksi jamur, sehingga menciptakan kuku menjadi tebal lalu berubah menjadi kuning.

(Sumber:SindoNews)